17 Hal Yang Harus Kamu Tahu Tentang Kaos Distro

baju distro

Sebelum membeli kaos distro alangkah baiknya kita mengenali terlebih dahulu bahan yang sering di gunakan, desain kaosnya, cara merawat agar selalu awet dan Hal lainnya agar kita tidak salah membeli kaos distro baik itu secara online maupun membeli langsung di toko atau saat event clothing.

kaos distro sendiri sudah banyak menyebar di kalangan masyarakat indonesia. Baik itu dari kalangan masyarakat menengah ke bawah atau dari kalangan menengah ke atas.

Kaos atau produk pakaian lain yang di jual distro memang memiliki kualitas yang sedikit berbeda.

Namun, tidak menutup kemungkinan juga bahwa masih ada banyak konsumen yang belum mengetahui perbedaan baju produk distro dengan baju yang dijual di tempat lainnya.

kaos distro adalah baju yang hanya bisa kamu dapatkan di toko khusus yang menjual produk pakaian merek clothing lokal atau sering disebut dengan distro.

Distro adalah singkatan distribution store. Sebuah toko yang menjadi Cikal bakal lahirnya kaos dari merek pakaian lokal.

Distro sendiri memiliki berbagai macam bentuk, ada yang berupa tempat berjualan yang berbentuk toko, outlet atau bentuk pemasaran yang lainnya .

Namun seiring perkembangan zaman, banyak sekali penjual pakaian dengan cara online, sehingga pembeli yang datang ke distro semakin sedikit.

Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang baju distro.


Sejarah Adanya Distro di Indonesia

Distro berada di Indonesia dengan tujuan untuk memenuhi ambisi para remaja dalam dunia fashion.

Karena bagi para remaja fashion adalah hal yang menyenangkan, hal yang harus mendapat perhatian khusus.

Sehingga muncullah distro di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan fashion remaja. Dan semakin berkembang sampai saat ini.

Baca juga : 5 Baju Distro Brand Lokal Terkenal dan Ngetren di era 90an

Distro sendiri sebenarnya hanyalah sebuah tempat untuk melakukan jual beli. Yang biasa di jual di distro adalah kaos, jaket dan atasan lain yang di produksi oleh merek clothing.

Distro bekerjasama dengan merek atau brand clothing dalam memasarkan produk pakaian. merek clothing yang membuat kaos dengan desain sendiri. Distro yang menjualkan kepada konsumen.

Distro pertama kali di buka di Bandung, yang dijual bukan produk dari perusahaan clothing melainkan pakaian – pakaian dari luar negeri.

Yang banyak di jual adalah kaos musik internasional dan indie. Kemudian seiring berjalannya waktu distro menjadi sebuah store yang menyediakan pakaian dari merek merek clothing lokal.

Kemudian bisnis distro dan clothing semakin berkembang dan akan selalu bertambah maju.

Yang menarik dari bisnis distro adalah distro memiliki sifat yang eksklusif dalam menjual produk – produknya.

Sehingga para konsumen yang menggunakan pakaian dari distro merasakan kepercayaan diri yang bertambah.


Ciri – Ciri Produk Distro

Beberapa ciri – ciri pakaian yang di jual oleh distro memiliki ciri – ciri khas tersendiri. Ciri – ciri yang akan mudah dikenali oleh orang – orang yang senang berbelanja di distro. Berikut penjelasannya:


baju distro terbatas

1. Pakaian yang di jual di distro biasanya adalah pakaian yang jumlah produksinya terbatas. Sehingga akan sangat kecil kemungkinan untuk memiliki pakaian yang sama dengan orang lain jika kamu selalu berbelanja di distro.

Hal ini juga dilakukan sebagai strategi untuk menarik konsumen, dengan desain yang khusus akan membuat semua konsumen merasa eksklusif sehingga akan segera membeli pakaian tersebut.


desain baju distro

2. Desain baju distro lebih banyak bersifat idealis, karena desain pada baju tersebut bukan karena permintaan pasar melainkan mengikuti pemikiran dari pemilik clothing itu sendiri.

Oleh karena hal inilah desain kaos distro selalu terlihat unik dan menarik daripada kaos lainnya.

Baca juga : 25 Tips Rahasia Cara Desain Kaos Distro Keren Beserta Aplikasinya

bahan kaos

3. Bahan kaos distro juga merupakan bahan yang nyaman di pakai, karena mayoritas kaos distro menggunakan bahan cotton combed.

kaos distro original selalu menggunakan bahan ini, karena nyaman ketika di pakai, rasanya akan sejuk dan adem sekaligus menyerap keringat.

Keunggulan lain dari bahan kaos distro adalah meskipun sudah dicuci berulangkali tetap awet dan nyaman dipakai.

Baca juga : Jenis Kain Dan Sablon Yang Sering Digunakan Merk Kaos Distro Terkenal


jahitan kaos

4. Dari segi jahitan produk distro terkenal berbeda, memiliki ciri khas yang unik. Biasanya adalah menggunakan metode jahitan rantai di bagian leher dan pundak.

Dengan adanya jahitan tersebut akan membuat produk distro lebih awet ketika di pakai.

Berdasarkan ciri – ciri diatas adalah salah satu tanda bahwa yang kamu beli adalah kaos distro branded original.

Bukan sekedar kaos santai biasa. Tanda – tanda tersebut di atas juga bisa kamu gunakan sebagai salah satu metode untuk membeli kaos distro keren yang ada di distro terdekat dengan rumah kamu.


Tips Memilih Kaos Distro

Setelah kamu mengetahui ciri – ciri produk distro, kamu juga harus mengetahui bagaimana cara memilih kaos distro yang berkualitas.

Sehingga kamu tidak salah pilih ketika belanja kaos di distro. Berikut ini adalah cara yang tepat untuk mengetahui dan memilih kaos dengan baik yang ada di distro.

5. Lihat dari bahan yang digunakan

Jika selama ini kamu menilai kaos berkualitas baik dengan kaos berkualitas buruk hanya dengan melihat tebal atau tipisnya kain.

Maka kamu harus mulai merubah cara penilaianmu terhadap kualitas kaos. kaos dengan kain tipis belum tentu kualitasnya buruk begitu juga sebaliknya.

Karena bahan yang bagus untuk kaos dan biasa digunakan oleh produk – produk yang dijual di distro adalah kain cotton combed dan cotton bamboo.

Kedua bahan tersebut sangat lembut dan nyaman ketika di pakai. Selain itu juga menyerap keringat dan dingin ketika di pakai di cuaca yang panas.

Bahan jenis ini sangat tepat jika digunakan di daerah yang memiliki iklim tropis seperti Indonesia.

Biasanya pada produk distro baik baju, kaos atau atasan yang lainnya akan terdapat tulisan kecil "cotton" sebagai bukti bahwa bahan yang digunakan memang benar- benar cotton.

Tulisan tersebut biasanya terletak di bagian kerah belakang atau bagian samping bawah dari kaos.

Untuk menguji kualitas kain pada kaos distro kamu bisa melakukan dengan cara dibakar atau diraba. Kain katun jika dibakar maka menyala apinya cenderung lambat dan menghasilkan sisa pembakaran abu kertas yang dibakar.

Sedangkan kain polyester ketika di bakar api akan cepat membakar bagian kain dan menyisakan pembakaran seperti plastik atau sedotan yang dibakar, nah untuk bahan kaos jenis TC jika dibakar menghasilkan sisa seperti arang.



6. Lihat dari bentuk jahitan

Kualitas kaos ditentukan oleh kuat atau tidaknya jahitan, sehingga ketika kamu membeli kaos yang harus kamu lihat pertama adalah jahitan.

Khusus untuk kaos yang ada di distro memiliki ciri khas tersendiri pada bagian jahitannya.

Jahitan yang digunakan pasti jahitan rapat dengan sedikit jarak.

Dan yang paling pasti menggunakan jahitan rantai yang di tumpuk pada bagian kerah leher dan bahu. Sehingga jahitan tetap awet meski sudah sering di cuci.

jahit rantai baju distro


7. Pilih desain sesuai selera

Meskipun desain dari produk distro memiliki ciri khas tersendiri yang berbeda dan tidak mengikuti permintaan pasar.

Tapi jika kamu membeli dari distro yang asli akan kamu temukan tema khusus pada semua desain produk distro dan juga tentunya kebanggan tersendiri saat memakainya.

Setiap produk dari merek clothing line yang ada di distro memiliki tema masing – masing yang membuat merek sebuah clothing line menjadi terkenal dan kuat di pasaran.

Misalnya karakter unkl dan ouval memiliki tema khusus yaitu desain simple dan minimalis. Ada juga karakter crooz dan think cook cook menunjukkan karakter dan street wear.

Setiap pakaian distro memiliki ciri khas lain yaitu desain yang digunakan selalu berbeda dan terbatas.

Sebagian besar masyarakat berfikir bahwa membeli kaos di distro pasti harganya mahal. Namun, ternyata ada kaos distro murah yang bisa kamu beli tetap dengan kualitas desain yang bagus.

Masalah desain adalah masalah yang tidak bisa di sama ratakan pada setiap orang. Karena ini akan berhubungan langsung dengan selera masing – masing orang.

Jika membeli kaos, pilihlah yang desainnya seperti dengan selesamu sendiri misalnya kamu suka dengan desain kaos yang simpel maka belilah kaos yang bergambar simpel. jangan terbawa hasutan teman, supaya tidak menyesal ketika kamu sampai di rumah.

Biasanya kaos dengan harga yang murah dan kualitas desain yang bagus hanya di jual di distro atau authorized dealer dari brand clothing itu sendiri.

Atau kamu juga bisa membeli secara online. Namun harus kamu pastikan terlebih dahulu bahwa yang kamu beli adalah kaos distro online terpercaya bukan yang palsu.

Bagaimana cara membedakan produk distro yang asli dan produk distro yang palsu ?.

Hal ini biasa dilakukan oleh pencinta pakaian distro brand lokal. Berikut ini beberapa tahapan yang bisa kamu gunakan untuk membedakan kaos distro asli dan mana yang palsu.

8. Tempat Membeli

Cara yang paling ampuh untuk membedakan mana produk distro berkualitas dan asli adalah lihat dari tempat mereka menjualnya.

Jika kamu membelinya memalui online maka lihatlah seberapa aktif akun sosial media dan website toko online tersebut. Toko distro online yang menjual produk asli akan selalu aktif menjual produknya di sosial media seperti instagram dan facebook .

Sebelum membeli cek ke aktifan dari media sosial merk clothing atau penjual kaos distro tersebut, biasanya penjual kaos distro yang asli akan selalu update barang yang mereka jual,

perhatikan juga like dan followers media sosial mereka pastikan like dan followers akun media sosial mereka real.

Cek juga website merek clothing tersebut, hal yang bisa kamu lakukan adalah kamu bisa mencarinya di google dengan mengetikan merek clothing yang ingin kamu beli, biasanya penjual kaos distro asli memiliki website dengan tampilan yang sangat bagus.

selain melalui sosial media dan website kamu juga bisa langsung datang ke store atau distro terdekat rumah kamu, untuk memastikan toko tersebut menjual produk asli kamu bisa melihat dari detail produk dan layout toko tersebut.

jahit rantai baju distro


Toko yang menjual produk asli akan selalu menata rapi tampilan toko mereka, toko offline juga Biasanya menjadi authorized dealer dari merk clothing jadi jangan ragu untuk langsung berbelanja di toko.

Hindarilah membeli kaos di distro atau toko baju yang belum jelas, supaya kamu tetap nyaman dan mendapatkan kaos distro yang original dan berkualitas.


9. Perhatikan Kualitas Sablon


sablon kaos distro


Baju distro yang asli dan berkualitas biasanya bisa kamu bedakan melalui tinta yang digunakan untuk sablon.

produk yang berkualitas menggunakan tinta berbasis minyak dan dan tinta berbasis air atau sering di sebut plastisol.

Tinta yang berbasis minyak memiliki daya lebih kuat untuk merekat pada kain selain itu warna yang dihasilkan juga bagus. Meskipun hasilnya bagus, masih harus disertai dengan perawatan baju yang bagus supaya lebih awet.

salah satu perawatan agar sablon kaos menggunakan sablon plastisol adalah jangan menyetrika bagian kaos hal ini akan membuat sablon kaos akan meleleh karena tekanan panas dari strika.

Lebih jauh tentang jenis bahan tinta sablon bisa kamu baca di artikel Jenis Kain Dan Sablon Yang Sering Digunakan Merk Kaos Distro Terkenal

10. Proporsi Ukuran Serta Tema Pada Desain

Meskipun desain produk distro yang palsu sudah di buat dengan sebaik mungkin, pasti tetap terlihat perbedaannya. Salah satunya adalah proporsi ukuran serta tema sablon yang digunakan.

Pada produk yang palsu bagian ini akan terlihat tidak seimbang. Selain itu untuk ukuran gambar, tulisan dan lainnya juga terlihat tidak sesuai.

11. Gramasi Bahan

Gramasi bahan atau lebih sering dikenal dengan membedakan tebal tipisnya bahan yang digunakan.

Produk yang di produksi oleh distro kualitas rendah pasti akan lebih buruk, biasanya jika di tarik kainnya akan molor dan tampak jelek.

Dilihat dari segi warnanya juga lebih pucat dan mudah pudar jika dicuci.

Karena kebanyakan distro memproduksi pakaian dengan kain hasil pintalan sendiri. Sehingga gramasi bahannya juga jarang di temukan di pasaran.

Lebih sering menggunakan bahan cotton combed dan cotton bamboo.

Selebihnya tentang cara membeli kaos distro original atau asli bisa kamu lihat di artikel kami yang berjudul SERING DIPALSUKAN ! Ini 5 Cara Membedakan Baju Distro Original dan KW

Nah ketika sudah membeli produk kaos distro dari merk clothing favorit, kita juga perlu tahu bagaimana cara merawat kaos distro tersebut agar selalu awet dan tahan lama, berikut kami berikan

Cara Merawat Kaos Distro Agar Tetap Awet !

Jangan sampai hal menyebalkan kamu alami manakala ketika mendapati baju distro brand lokal kesayangan kamu dalam kondisi sangat memperhatinkan, apakah itu karena warna kaos mulai pudar ataupun sablon pada kaos yang terlihat pecah-pacah, dan beberapa bahkan sudah mengelupas.

Hal tersebut tentu menjadikan kamu kurang percaya diri saat harus memakainya. Sebenarnya cerita menyedihkan ini tidak perlu kamu alami jika kamu dapat merawatnya dengan baik.

Meskipun pada saat ini sudah semakin banyak yang sadar mengenai pentingnya merawat pakaian, namun ternyata beberapa orang masih bingung mengenai cara merawat kaos yang benar sehingga lebih banyak yang mempercayakanya ke tempat laundry.

Sebenarnya beberapa produk brand atau merek pakaian sudah dilengkapi dengan cara merawatnya.

Bagi kamu yang juga mengalami hal yang sama, jangan khawatir karena itu artikel ini akan merangkumnya untuk kamu.

12. Jangan terlalu lama merendam kaos distro

jahit rantai baju distro

sumber : naturesnurtureblog.com

Merendam menjadi salah satu ritual dalam mencuci pakaian, tujuannya adalah agar kaos lebih mudah dibersihkan.

Pastikan tidak terlalu lama merendam pakaian, untuk kaos yang pertama kali dicuci, sebaiknya merendam jangan sampai melebihi 30 menit.

Sementara perendaman untuk kaos yang sudah beberapa kali dicuci maksimal 1 jam saja. Hal lainnya yang perlu menjadi perhatian adalah takaran detergen.

Usahakan untuk tidak terlalu banyak memasukkan detergen kedalam rendaman karena hal ini akan merusak sablon.

13. Hindari penggunaan pemutih dan pelembut

Pemutih maupun pelembut menjadi benda terlarang saat mencici kaos distro, mengingat kedua zat kimia ini dapat menyebabkan kain semakin tipis dan kasar serta membuat sablon kaos luntur.

Hindari juga penggunaan detergen yang mengandung pemutih maupun pelembut.

14. Jangan disikat!

Menyikat sangat efektif untuk membersihkan noda yang menempel pada permukaan kain,

selain menjadi lebih cepat hal ini juga membuat pekerjaan menyuci menjadi lebih mudah. Namun usahakan untuk tidak melakukan tindakan ini mengingat menyikat kain dapat merusak tekstur kain, hindari juga menyikat bagian sablon kaos.

Sebaiknya kucek permukaan kain khususnya bagian yang terkena noda dengan kekutanaan yang tidak terlalu kuat.

15. Cara menjemur yang tepat

Sebelum menjemur, usahakan untuk membalik kaos dimana bagian luar atau bagian sablon berada didalam dan pastikan untuk jangan terlalu lama membuat kaos kamu terpapar panas matahari.

Tidak kalah penting, jangan menjemur kaos distro menggunakan hanger.

Dalam kondisi yang masih basah, menggantung kaos dengan menggunakan hanger mambuat kaos melar atau tertarik ke bawah karena lebih berat.

16. Menyetrika juga perlu dilakukan dengan benar

Agar tidak terlihat lecek, menyetrikan menjadi tindakan yang paling populer dilakukan.

Setrika kaos saat kamu yakin kondisi dari kaos tersebut sudah benar-benar kering. Hindari menyetrika bagian sablon kaos secara langsung,

karena hal tersebut akan membuat sablonan menjadi rusak.

Sebagai solusinya kamu dapat membalik bagian kaos atau melapisi bagian sablon dengan karton sebelum di strika dan yang terakhir jangan gunakan suhu yang terlalu panas.

17. Kaos yang bagus bukan di pake buat tidur

sebaiknya hindari memakai kaos itu-itu saja apa lagi jika digunakan untuk tidur mengingat hal tersebut dapat memperpendek masa pakai dari kaos itu sendiri.


Demikianlah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang kaos distro. Jika artikel di atas bermanfaat silahkan di share agar bermanfaat untuk orang lain.

Bagikan Artikel Ini

cara dan aplikasi desain kaos