25 Tips Rahasia Cara Desain Kaos Distro Keren Beserta Aplikasinya

cara dan aplikasi desain kaos

Untuk menghasilkan desain kaos distro yang keren biasanya pemilik clothing menyerahkan kepada desainer yang sudah berpengalaman untuk mendesain produknya.

Dalam setiap pembuatannya para desainer biasanya memiliki beberapa cara agar desain yang di hasilkan sesuai dengan tema dari brand clothing tersebut.

Nah, buat kamu yang memiliki kemampuan desain cara ini bisa kamu lakukan untuk menjual hasil desain kamu ke distro atau bisa kamu produksi menjadi sebuah kaos yang bisa kamu kenakan sendiri.

Ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan jika kamu ingin membuat desain kaos distro yang keren.

Berikut Tips Cara Membuat Desain Kaos Distro Yang Keren

1. Brainstorming

Hal ini harus kamu lakukan supaya kamu bisa memunculkan ide yang luar biasa untuk membuat desain baju.

Kenapa kamu perlu melakukan brainstorm diri, karena brainstroming adalah salah satu proses untuk mendapatkan inspirasi atau gagasan baru yang bisa dilakukan dengan berbagai cara.

salah satunya adalah dengan melihat desain – desain dari internet atau kamu bisa melihat desain-desain dari merek pakaian terekenal.

Cara lain bisa dengan membaca buku atau melakukan hal lain yang kamu suka. Proses ini sangat baik jika kamu lakukan dengan teratur.

Hasil desain yang kamu buat dijamin akan bagus dan fresh. Sehingga mudah untuk di promosikan kepada konsumen.

2. Desain Baju Harus Berkarakter

Satu hal yang perlu kamu lakukan untuk membuat desain kaos buatanmu mampu menarik perhatian orang adalah karakter dari desain tersebut. Ya, kamu harus bisa membuat desain yang memperlihatkan karakter dari desain kamu.

Karena setiap desainer pasti memiliki karakter dan selera yang berbeda, nantinya hal ini yang akan membuat kaos buatanmu nampak berbeda dan mudah dikenal.

Dengan kata lain, buatlah desain yang mampu membuat orang mengenali jika itu kaos kamu hanya dari desain sablonnya saja.

3. Jangan Lelah Melakukan Revisi Desain

Membuat desain yang sederhana namun detailnya lengkap jauh lebih sulit dan lebih menarik dari pada membuat desain rumit tapi tidak memiliki arti apa – apa dari desainnya.

Oleh karena hal tersebut sebagai seorang desainer yang membuat desain kaos distro jangan pernah lelah melakukan revisi pada desain yang sudah kamu buat.

Jika kamu sudah memiliki salah satu desain, jangan terburu – buru untuk mencetaknya dalam bahan polos.

Cobalah untuk membuat variasi tambahan, kembangkan desainnya, kembangkan konsepnya atau bisa juga kamu tambahkan efek dan elemen yang tepat untuk desain kamu.

Melakukan perbaikan atau revisi adalah hal yang wajar bagi desainer karena dengan hal tersebut bisa meningkatkan harga jual produk jadinya.

4. Jangan Menyimpang Terlalu Jauh Dari Permintaan Pasar

Seperti yang kamu ketahui bahwa kebutuhan anak muda akan pakaian begitu besar. Anak muda cenderung memiliki ingin mempunyai sesuatu yang sedang trend saat itu.

Sehingga buat lah desain yang sedang trend saat ini, agar desain yang ingin kamu cetak menjadi kaos tidak ketinggalan jaman dan diminati banyak orang.

Seperti yang kamu tahu bahwa desain baju yang ada di distro selalu saja berbeda dengan yang umum di pasar. kaos distro original selalu memiliki desain berbeda yang unik dan terbatas pembuatannya.

Jika ingin membuat desain berusalah membuat desain kaos berbeda dengan yang lain namun tetap mengikuti kemauan konsumen dan trend di masyarakat.

Karena bagaimana pun juga sebagian besar konsumen berbelanja sesuai yang sedang populer saat itu.

5. Amati, Tiru dan Modifikasi

Prinsip ini umum untuk seluruh proses kehidupan. Dalam dunia desain kamu harus pandai dalam hal ini.

Jika anda melihat desain yang menginspirasi amati kemudian tiru dengan menambahkan modifikasi sesuai dengan karakter desain kamu. Sehingga kamu tidak kehilangan jati diri pada desainmu.

6. Ikuti Trend

Nah buat kamu yang ingin membuat desain kaos untuk tujuan komersial atau dijual, pastikan desain yang kamu buat sesuai dengan trend fashion saat ini.

Seperti yang kamu tahu, masyarakat milenial saat ini begitu tergila-gila dengan hal baru, mulai dari gaya hidup hingga gaya berpakaian.

Nah hal ini bisa kamu manfaatkan untuk menentukan konsep pada desain kaos buatanmu. Seperti kaos dengan desian typhography yang sedang cukup digandrungi remaja Indonesia saat ini.

maka ketika ingin membuat desain buatlah desain kaos distro yang terbaru dan yang sedang tren saat ini.

7. Sesuaikan Sablon dengan Warna Kaos

Salah satu tujuan menerapkan sablon pada kaos tentu untuk membuatnya nampak lebih menarik dan unik dengan detail desain sablon tersebut.

Meskipun akan terlihat lebih menonjol, namun detail dan warna sablon juga harus disesuaikan dengan warna kaos.

Untuk kaos dengan warna netral seperti putih, hitam, grey dll mungkin penyesuaian warna sablon akan lebih mudah.

Namun untuk kaos dengan warna cerah seperti hijau, orange, kuning mungkin penyesuaian warna sablon akan lebih sulit.

Nah disini kamu bisa mengkreasikan desain sablon semaksimal mungkin hingga menghasilkan kaos dengan keunikan tersendiri.

8. Detail Gambar

Pada desain kaos dengan ukuran besar, mungkin kamu sering kali mengabaikan bagian detail kecilnya. Padahal jika diperhatikan kembali, detail kecil pada kaos dapat mempengaruhi kesempurnaan kaos tersebut.

Bahkan pada beberapa desain, kumpulan detail kecil akan menciptakan desain yang unik dan begitu menarik. So, pastikan kamu selalu memperhatikan detail sekecil apapun pada desain kaosmu.

Dan biasanya, detail gambar juga akan berkaitan erat dengan penentuan warna pada gambar tersebut. Nah jika kamu ingin menonjolkan satu bagian kecil pada desain tersebut, salah satu caranya yaitu dengan menonjolkan detail gambar melalui warna yang lebih terang dibanding warna pada bagian lain.

9. Pilih Kombinasi Warna yang Sesuai

Untuk membuat model kaos dan desain gambar nampak chic, pastikan kamu memilih kombinasi warna yang sesuai.

Bukan hanya warna dasar sablon dengan warna kaos saja, tapi kamu juga harus memilih kombinasi warna yang pas pada gambar tersebut.

Pada beberapa konsep gambar, warna yang digunakan lebih dari 3 sehingga pemilihannya pun harus lebih hati-hati.

Untuk kombinasi waran-warna soft mungkin tak akan sesulit mengombinasikan warna-warna cerah, karena warna-warna soft cenderung mudah dipadukan dan mudah terlihat serasi.

Namun beda halnya dengan kombinasi warna cerah yang mengharuskan kamu buat menyesuaikan satu waran dengan warna lain sehingga menghasilkan kombinasi yang serasi.

10. Buat Satu Titik Poin

Pada sebuah desain kamu membutuhkan sebuah titik focus yang akan menjadi poin terpenting dalam desain tersebut.

Tak harus berada di tengah atau pada bagian tertentu, karena disini kamu hanya mencari titik focus yang akan membuat orang langsung tertarik pada desainmu ketika pertama kali melihatnya.

Ukuran titik poin inipun tak harus besar, bahkan pada beberapa konsep desain kaos, detail kecil yang unik bisa jadi titik poin yang begitu menarik.

Biasanya titik poin ini akan ditonjolkan melalui warna yang mencolok atau dengan bentuk yang berbeda dari desain sekelilingnya.

11. Desain simple tapi elegan

Meskipun beberapa konsep desain mengharuskan kamu untuk membuat detail yang rame, tapi jauhkan kesan "berlebihan" pada desain yang kamu buat. Sebisa mungkin buatlah desian yang simple namun nampak elegan dan classy.

Tema desain abstrak atau simetris juga bisa menjadi pilihan yang menarik jika kamu ingin memperlihatkan desian yang begitu simple namun tetap elegan.

Selain itu, desain dengan ukuran kecil juga nampaknya akan lebih terkesan simple meski dengan perpaduan warna yang rame.

12. Sesuaikan Desain (dipakai sendiri atau dijual)

Ketika kamu membuat desain kaos untuk dijual, satu kalimat yang perlu kamu ingat dengan baik "sesuaikan selera masyarakat dan jangan pentingkan selera sendiri".

Yaps, begitu banyaknya orang tentu masing-masing memiliki selera berbeda. Namun dalam hal ini selera orang akan terbagi dalam beberapa kelompok besar.

Seperti orang dengan selera kaos polos, kelompok orang dengan selera kaos bersablon kecil/simple dan kelompok orang dengan selera kaos bersablon rame.

Sebagai desainer dan produsen tentu kamu perlu memenuhi kebutuhan setiap kelompok tersebut.

Jadi, untuk membuat produk kamu lebih laris pastikan kamu tak hanya memproduksi kaos dengan satu tema saja.

Lain halnya dengan koas yang kamu buat untuk dipakai sendiri, tentu kamu bisa membuat yang sesuai dengan seleramu sendiri ya.

13. Desain yang Lucu

Tak cukup menarik dan bagus, kesan lucu juga harus terlihat dari desian kaos yang kamu buat. Meski yang kamu buat adalah kaos distro, tapi apa salahnya membuat desain kaos yang lucu? Tentu saja desain lucu ini dikombinasikan dengan desain elegan yang membuatnya tetap terlihat classy dan tidak kekanakan.

Bentuk-betuk lucu yang sedang hitz saat ini juga bisa kamu pilih untuk dipadukan dengan desain minimalis pada kaos.

Semisal pemilihan desain bertemakan galaksi dengan bentuk planet-planet lucu yang nampak elegan dengan penggabungan yang pas antar bentuk.

14. Penentuan Posisi dan Ukuran Sablon

Satu lagi hal penting yang perlu kamu perhatikan saat membuat desain sablon kaos, yaitu posisi dan ukuran sablon.

Seperti yang sudah disebutkan berulang kali di atas, kamu harus mampu membuat desain yang simple namun elegan.

Nah untuk membuat kesan simple ini, ukuran sablon yang tak terlalu besar bisa jadi solusi terbaik. Selain itu untuk memberikan kesan lebih proposional pada desain sablon tersebut, pastikan kamu memposisikan sablon dengan tepat.

Kamu juga bisa membuat beberapa sablon yang diposisikan terpisah, seperti pada bagian depan dan belakang kaos. So berkreasilah semaksimal mungkin untuk menciptakan desain super unik.

Jika semua langkah di atas sudah kamu lakukan, pasti kamu akan mendapatkan sebuah desain baju yang luar biasa dan disukai banyak orang.


Setelah desain selesai selanjutnya kamu bisa pada kaos polos yang kamu inginkan untuk kamu sablon. Dalam penyablonan, kamu juga harus memperhatikan kualitas kain dan bahan sablon yang digunakan.

mengenai bahan kain dan jenis sablon silahkan baca artikel 20 Jenis Bahan Kain Dan Sablon Kaos Distro.

Gunakanlah bahan berkualitas dengan untuk mendapatkan hasil yang bagus dari pada dengan bahan seadanya namun hasilnya jelek.

Setelah mengetahui berbagai cara membuat desain kaos yang benar dan sesuai kreasi kamu. Kamu juga harus tahu desain apa yang sedang populer dikalangan masyarakat. hal ini bertujuan agar desain yang ingin kamu buat diminati masyarakat.


10 Trend desain kaos yang sedang populer.


15 . Desain Kaos distro Hardwork atau Artwork

desain artwork kaos distrofoto: mintees.com

Desain kaos yang satu ini biasa digunakan oleh pencinta musik rock atau sejenisnya. Desain dengan menggunakan tema metal dan artistik, hanya disukai oleh kalangan tertentu saja.

Biasanya desain model ini ditempatkan pada kaos polos warna hitam atau abu – abu.

16 . Desain Kaos distro Typography

Jenis desain yang satu ini menggunakan metode littering atau lebih menggunakan seni tulisan. Saat ini banyak sekali yang berminat menggunakan kaos distro dengan desain littering.

desain kaos distro typhography

Desain biasanya berisi pesan – pesan atau kata – kata bijak yang bisa menjadi motivasi bagi kamu yang menggunakan kaosnya.

17. Desain Pantai Kaos distro

Sering disebut dengan desain kaos hawaian style. Adalah desain kaos dengan bahan yang hampir menyerupai kemeja namun lebih tipis dan biasanya lebih banyak digunakan oleh orang – orang yang sedang menikmati liburan ke pantai atau semacamnya.

desain kaos baju pantaifoto: aliexpress.com

desain bunga – bunga, pohon kelapa tepi pantai dan sunset di sore hari bisa kamu aplikasikn ke dalam desainmu.

18. Desain Kaos distro Photography

Sebelumnya sudah pernah menjadi populer desain kaos dengan menggunakan gambar diri, namun baru – baru ini dunia fashion mengeluarkan kaos dengan desain baru yaitu menggunakan foto.

desain kaos distro streetwear
desain kaos distro streetwear

desain seperti ini biasa dibuat oleh brand streetwear dengan konsep tertentu.

Dalam pembuatannya desainer menambahkan foto ke dalam desain seperti foto seseorang, tumbuhan atau ruang publik.

19. Desain kaos club

Desain ini mulai sedikit peminatnya di Indonesia, namun jika di luar negeri desain model ini masih sangat digemari oleh konsumen.

contoh dari desain kaos club adalah katakanlah kamu seorang pecinta club lokal sepak bola di indonesia maka kamu bisa membuat desain dengan menggunakan nama club sepakbola favoritemu

desain kaos distro komunitas

20. Desain Kaos Keep Calm

Desain in sesungguhnya sudah mencapai popularitasnya sejak tahun lalu, namun sempat mengalami penurunan.

Sehingga untuk mencapai puncak kejayaannya kembali desain kaos ini diubah kata – katanya sesuai dengan apa yang sedang populer saat ini di kalangan konsumen.

21. Desain Kaos Dengan Tahun Tempat Lahir

Untuk desain kaos jenis ini masih belum terlalu banyak peminatnya, namun jika di luar negeri sudah banyak sekali desain ini. Oleh karena itu mulai bermunculan desain – desain dengan model tahun kelahiran atau hari bersejarah lainnya.

22. Desain Kaos Custom Stripes

Kaos dengan desain ini sangat banyak diminati oleh konsumen, bahkan mungkin kamu juga salah satu penggemar kaos dengan model desain ini. Desain stripe atau garis – garis akan memberikan kesan elegan dan pas jika digunakan.

23. Desain Kaos Logotype

Menurut jagodesain.com

Logotype adalah penggambaran grafis dari beberapa huruf/kata-kata yang diungkapkan untuk mengkomunikasi makna dari sebuah merek atau perusahaan.


Dengan memakai huruf yang dimanipulasi sebagai desain logo untuk mewakili nama perusahaan akan memberi sebuah kesan yang baik pada perusahaan tersebut, contohnya adalah logo yang digunakan oleh The Hundreads brand Streetwear local asal California.

desain kaos distro logotype


Namun dalam pembuatan desain kaos distro logotype terkadang ditambahkan beberapa elemen desain ke dalam logo ini untuk membuat desain dari logo menjadi lebih jelas.

24. Desain kaos parodi

desain kaos distro parodi

Desain kaos parodi adalah desain kaos yang memanfaatkan logo / brand berbagai produk yang nantinya didesain dengan kata-kata lucu dan kocak.

Misalkan saja desain kaos dari brand streetwear ternama supreme yang diparodikan menjadi "Supermie".

Baja juga :17 Hal Yang Harus Kamu Tahu Tentang Kaos Distro

25. Gunakan Aplikasi dan Software

Untuk membuat sebuah desain kaos distro tidak sulit kamu cukup menggunakan Aplikasi Desain yang bisa di download secara gratis dan aplikasi ini dapat digunakan di pc dan android.


Berikut 13 aplikasi di Android dan Pc yang biasa digunakan untuk membuat desain kaos

1. Global T-Shirt Design Service

Aplikasi yang satu ini dibuat untuk menampilkan gambar dasar untuk membuat desain portofolio kaos t-shirt. Jika kamu ingin membuat desain kaos secara profesional, kamu bisa menggunakan aplikasi ini.

Jika kamu mengalami kesulitan dalam membuat desain kaos, kamu bisa meminta bantuan kepada pihak pengembang aplikasi.

2. Photo on Tshirt

Jika kamu sedang belajar ilmu desain baju, kamu harus optimis karena ilmu tentang desain baju bukan ilmu yang susah untuk dipelajari.

Bahkan kamu bisa membuat desain baju hanya dengan menggunakan ponsel pintar yang kamu miliki.

3. Design And Get Your Tshirt

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat desain kaos adalah design and get your tshirt. Kamu bisa membuat desain sesuai dengan selara kamu sendiri.

Selain membuat desain kaosnya, kamu juga bisa membeli kaos dengan desain kamu sendiri dari aplikasi ini secara online.

Namun jangan lupa untuk mencantumkan ukuran kaos dan alamat tempat tinggal kamu, supaya pengirimannya jauh lebih mudah.

4. Man Tshirt Photo Editor

Aplikasi untuk membuat desain yang satu ini benar – benar bisa mempermudah kerja kamu untuk membuat desain baju. bahkan jika kamu ingin membuat usaha sablon, kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuat desainnya.

5. Desain Clothes

Aplikasi ini memiliki tiga tipe baju yang bisa kamu desain. Namun dari ketiga tipe baju tersebut bisa kamu desain sesuai dengan keinginan penggunanya. Desain clothes mengusung model baju t-shirt, singlet dan sweater.

Jika kamu ingin membuatnya, pertama – tama kamu harus membuat pilihan baju mana yang akan kamu desain.

Setelah siap, kamu bisa langsung memulai membuat desain dengan aplikasi desain clothes menggunakan ponsel canggih anda.

6. T-shirt design

Aplikasi selanjutnya adalah t – shirt design, aplikasi ini ada di semua jenis ponsel pintar. Aplikasi yang akan membantu kamu membuat desain kaos sesuai dengan keinginan kamu.

Selain membuat desain yang biasa saja, kamu juga bisa memberikan efek tambahan pada desainmu seperti filter atau tulisan yang menarik lainnya.

7. Snaptee design for t - shirt

Era modern seperti sekarang bukan lagi hal yang mustahil jika kamu bisa dengan mudah membuat desain baju meskipun bukan lulusan design.

Aplikasi cerdas di ponsel ini bisa membantu kamu dalam membuat desain baju. kamu bisa memilih desain templetnya sendiri kemudian bisa kamu tambah dengan edit fitur dan lainnya.

8. Desain Kita

Merupakan salah satu aplikasi design baju melalui ponsel yang bisa membantu kamu. Dalam aplikasi ini, kamu bisa memilih desain mana yang akan kamu gunakan beserta tipe baju seperti apa yang akan kamu desain.

Selain itu kamu juga bisa menentukan pilihan warna yang akan kamu gunakan untuk warna dasar kaos.

9. Design Maker

Membuat desain baju sendiri saat ini bukanlah sebuah mimpi, karena kamu bisa menggunakan salah satu aplikasi canggih dalam ponsel pintar.

Aplikasi design maker merupakan aplikasi khusus bagi kamu yang suka membuat karya seni berupa gambar. Aplikasi yang sudah dilengkapi dengan fitur lengkap untuk mempermudah desain baju.

10. Boys Shirts Designs

Aplikasi yang sudah tersebut di atas adalah aplikasi untuk membuat desain kaos distro. Namun aplikasi design yang satu ini juga bisa digunakan untuk membuat desain kemeja pria.

Terdapat juga desain menggunakan album photo. Aplikasi design yang satu ini sangat pas untuk kamu yang tidak suka repot mendesain baju.

11. Corel Draw

Salah satu aplikasi terbaik yang bisa Anda andalkan untuk membuat desain sablon kaos adalah Corel Draw.

Selain mampu menghasilkan desain yang begitu berkarakter dan unik, dengan aplikasi ini Anda juga bisa membuat ilustrasi gambar yang begitu nyata.

Tentu saja didukung dengan komposisi warna yang pas dan sesuai.

Untuk pengoperasiannya sendiri Corel Draw termasuk dalam aplikasi desain profesioal yang mudah dioperasikan.

12. Photoshop

Siapa sih yang tak kenal dengan aplikasi desain satu ini? Memiliki berbagai fitur menarik yang dapat digunakan untuk membuat desain cantik, Photoshop pun cukup mudah dioperasikan, dengan panduan yang cukup mudah dipahami, aplikasi ini cocok untuk kamu yang ingin belajar dari awal.

Kapasitas atau ukuran dari Photoshop sendiri tak terlalu besar, jadi sangat worth it buat kamu yang menggunakan PC dengan spesifikasi standar.

13. Adobe Illustrator

Selain dua aplikasi andalan di atas, kamu juga bisa menggunakan Adobe Illustrator untuk menghasilkan desain yang chic abis.

Kemudahan pengoperasian pada aplikasi ini juga bisa jadi solusi mudah buat kamu yang masih belajar.

Untuk fiturnya sendiri Abode sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang menunjang hasil gambar maksimal.

Kapasitasnya pun cukup ringan dan tidak membutuhkan media dengan RAM besar.

sering kali, jika sudah membuat desain dengan baik. Tidak terlalu peduli dengan bahan dasar baju yang digunakan. padahal setiap pilihan warna yang kamu gunakan untuk warna dasar baju memiliki arti tersendiri. Berikut penjelasannya.

Arti Warna Design Baju

1. Warna merah

Desain baju dengan warna merah berarti melambangkan sebuah energi atau kekuatan yang sangat besar, yang merupakan simbol dari api yang berkobar.

Desain ini biasanya dibuat oleh desain atau oleh kamu yang sedang dalam kondisi semangat dan suasana hatinya sedang baik.

2. Warna desain putih

Warna desain putih biasanya memiliki makna suci dan bersih. Namun desain dengan warna ini justru diminati oleh banyak pihak.

Jika momen lebaran hampir semua baju dibuat dengan desain warna putih. Yang melambangkan kesucian, permohonan maaf, kesederhanaan dan peduli dengan kebersihan.

3. Warna hitam

Baju atau kaos dengan desain ini biasanya diminati oleh orang – orang yang pendiam terkesan penuh misteri. Orang yang sedang berduka atau sedang dalam kondisi sedih.

Namun saat ini warna desain hitam sudah menjadi hal umum. Karena desain hitam juga sekarang banyak untuk dibawa ke pesta atau acara resmi lainnya.

4. Warna Biru

Warna desain biru merupakan warna laut yang melambangkan ketenangan dan juga kedamaian. Oleh karena itu orang yang sudah memiliki usia dewasa sebagian besar akan suka dengan desain warna ini. Supaya aura tenang dan damai dalam dirinya muncul.

5. Warna desain hijau

Warna ini melambangkan alam serta berbagai macam kesuburan yang ada di dalamnya. Selain itu ada juga yang berpendapat bahwa warna hijau adalah warna yang menunjukkan jika kamu sedang dalam proses pemulihan kebatinan. Desain warna ini biasanya digunakan oleh para organisasi yang bergerak di bidang lingkungan.

Baca juga 5 Baju Distro Brand Lokal Terkenal dan Ngetren di era 90an

Bagikan Artikel Ini

cara dan aplikasi desain kaos