Cara Ampuh Menghilangkan Noda Cat di Baju

Cara Ampuh Menghilangkan Noda Cat di Baju

Apakah kamu baru saja menumpahkan cat pada kaos distro favoritmu? Atau secara tidak sengaja kaos polos kesayanganmu baru saja menyentuh cat yang masih basah pada dinding?

Bagaimanapun kejadiannya, kamu akan cukup kesulitan untuk menghilangkan noda cat yang menempel pada kaos distro.

Segera bersihkan dengan cepat sebelum noda cat pada kaos distro mengeras karena akan semakin sulit untuk membersihkannya apabila noda cat pada baju kamu telah mengering.

Lain halnya bila noda cat masih basah, mungkin kamu akan lebih mudah untuk menghilangkannya tanpa masalah.

Informasi dari kami berikut ini akan membahas tentang cara menghilangkan cat dari kaos distro, kaos polos, ataupun jenis pakaian lainnya. Cara ini bisa kamu lakukan untuk cat air maupun cat minyak.

Persiapan untuk Menghilangkan Noda Cat pada Kaos Distro

Perlu diingat, saat mengecat ada baiknya kamu jangan memakai kaos distro kesayanganmu. Pakailah pakaian usang ketika akan mengecat dinding, perabot ataupun benda-benda lainnya.

Meski sudah mengetahui saran tersebut, namun enggak jarang juga orang yang melupakannya karena ingin mengubah penampilan ruangan secepatnya.

Untungnya kalau kamu bertindak cepat, noda cat yang menempel pada kaos distro atau kaos polos masih mungkin untuk dihilangkan.

Ada beberapa tips yang perlu kamu lakukan dalam membersihkan noda cat pada kaos distro, antara lain:

1. Segera Bersihkan

Apapun cara yang kamu pilih untuk membersihkan noda cat pada kaos distro, segera lakukan karena semakin cepat diatasi makin mudah pula untuk kamu membersihkannya.

2. Jangan Panik dan Menyerah

Sebagian orang mungkin ada saja yang panik dan menyerah kemudian membuang kaos miliknya yang terkena cat. Sebenarnya kaos distro kesayanganmu masih bisa diselamatkan dari noda jika tidak panik dan bertindak cepat untuk membersihkannya.

3. Hilangkan Sisa Cat Sebelum Membersihkan Noda

Sebelum kamu membersihkan noda pada kaos, hilangkan dulu sisa cat yang masih menggumpal pada kaos distro atau kaos polos kamu.

Kamu bisa menggunakan sendok atau pisau tumpul untuk menyekop sisa cat dari kain. Jika cat yang masih basah dan menggumpal sudah hilang, barulah bersihkan noda cat tersebut.

Jika noda cat telah mengering kamu bisa mengikis cat menggunakan pisau tumpul atau sikat berbulu keras. Lakukan dengan hati-hati!

4. Menyeka Kaos dengan Tisu Kering

Kamu harus segera menyeka cat pada kaos distro dengan tisu kering. Lakukan dengan sesegera mungkin karena hal ini hanya dapat dilakukan saat cat masih belum mengering.

Ingat ya sob, jangan digosok tapi diseka karena kalau digosok maka noda cat akan terdorong lebih dalam ke serat pakaian sehingga makin sulit dihilangkan.

3 Cara Efektif untuk Menghilangkan Noda Cat pada Kaos Distro

Setidaknya ada tiga metode atau cara yang efektif untuk membersihkan noda cat pada kaos distro atau kaos polos, antara lain menggunakan sabun cuci biasa, pengencer cat, dan memakai semprot rambut.

Kamu harus yakin dahulu apakah noda tersebut berasal dari cat berbahan minyak atau lateks (cat air). Kamu bisa cek jenis cat dengan mudah dari baunya.

Cat berbahan minyak memiliki bau yang kuat dan beracun bila dihirup terlalu lama, sedangkan cat air hampir tidak menimbulkan bau.

Nah, kalau kamu sudah tahu jenis catnya berikut tiga cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan noda cat di kaos distro:

baca juga : Cara Mengembalikan Ukuran Kaos yang Menyusut

1. Menghilangkan Noda Cat pada Kaos Distro dengan Sabun Cuci

Seperti yang sudah disampaikan pada tips sebelumnya, untuk meningkatkan peluang kamu dapat membersihkan noda cat pada kaos distro menggunakan sabun cuci biasa maka kamu harus menyeka noda cat basah yang masih menempel menggunakan tisu kering.

Tetapi bila noda cat sudah benar-benar mengeras, cara ini cukup sulit untuk bisa berhasil bahkan bisa dibilang akan sia-sia.

Sabun yang digunakan adalah sabun cuci biasa baik yang berupa batangan, bubuk, maupun cair. Berikutnya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Basahi bagian belakang kaos yang terkena noda dengan air hangat. Jika noda berasal dari jenis cat air atau lateks, noda mungkin bisa dihilangkan dengan mudah.

Kamu juga perlu memeriksa botol cat (bila ada) untuk mengetahui jenis cat yang menempel di kaosmu. Beruntung bila ternyata cat adalah jenis yang mudah dibersihkan dengan air, kamu bisa melewatkan pemakaian sabun cuci untuk membersihkan noda cat tersebut.

Campurkan sabun cuci bersama air hangat dengan perbandingan yang sama. Gunakan spon bersih untuk menyeka bagian kaos distro atau kaos polos yang terkena noda cat.

Pastikan jangan terlalu keras saat menyeka pakaian, kamu bisa menyelipkan kaos di antara jari dan menyekanya secara perlahan.

Bilas kaos polos di bawah air hangat yang mengalir. Jangan lupa untuk membaliknya pada bagian dalam kaos.

Ulangi proses tadi sampai noda cat pada kaos benar-benar hilang. Selain menggunakan spon, kamu juga bisa memakai sikat gigi. Cara ini juga dapat melepaskan noda cat dari serat kaos tanpa mendorongnya masuk lebih dalam ke serat kain. Namun, jangan terlalu keras menyikatnya.

Setelah noda cat hilang, masukkan ke mesin cuci untuk membilas kaos tadi sehingga kaos dapat bersih sempurna.

Perhatikan juga untuk tidak mencuci kaos yang terkena noda cat bersamaan dengan pakaian lain. Jika cara di atas masih belum berhasil untuk menghilangkan noda cat dari kaos distro, kamu bisa mengoleskan sedikit aseton di bagian depan kaos, kemudian peras dengan spon bersih.

2. Menghilangkan Noda Cat pada Kaos Distro dengan Terpentin

Terpentin merupakan cairan yang banyak digunakan sebagai bahan pembuat cat minyak atau untuk mengencerkan cat minyak. Oleh karena itu, cara yang satu ini hanya dapat bekerja bila kaos distro kamu terkena noda dari jenis cat minyak.

Terpentin atau pengencer cat adalah bahan kimia yang beracun apabila masuk ke sistem pencernaan atau terhirup oleh paru-paru, oleh sebab itu kamu sebaiknya menggunakan perlengkapan keamanan seperti sarung tangan, kacamata, dan respirator ketika hendak membersihkan noda cat menggunakan terpentin.

Bila kamu membersihkan noda cat di dalam rumah, buka jendela supaya sirkulasi udara bisa tetap lancar. Terpentin juga mudah terbakar, jangan membersihkan noda cat pada pakaian berdekatan dengan sumber api.

Jika dibandingkan dengan pengencer cat jenis lainnya, kadar racun terpentin masih cukup rendah. Namun enggak ada salahnya kalau kamu tetap hati-hati saat menggunakannya untuk membersihkan kaos distro menggunakan zat ini.

Cara membersihkan noda cat pada kaos distro memakai terpentin bisa dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

Noda cat berbahan dasar minyak lebih sulit hilang dibandingkan dengan cat air, tapi cobalah untuk menyeka noda cat dahulu saat masih basah dari pakaian menggunakan tisu kering.

Kemudian usap noda tadi menggunakan lap yang dibasahi terpentin.

Lapisi bagian belakang pakaian dengan tisu yang tebal atau lap berbahan katun agar noda cat yang tembus ke bagian belakang kaos dapat terserap ke tisu. Lapisan tisu atau lap katun juga berfungsi untuk melindungi bagian pakaian lain agar tidak ikut kena noda cat.

Gantilah pelapis belakang kaos beberapa kali selama proses pembersihan noda, kamu tentu tidak ingin noda melunturi bagian lain pakaian dalam proses pembersihan ini, maka hati-hatilah selama proses pembersihan noda.

Setelah bagian yang terkena noda cat diseka menggunakan terpentin, oleskan kaos dengan sabun cuci dalam jumlah banyak pada bagian yang bernoda, lalu serap dengan spons atau lap kecil.

Jangan menggosok terlalu keras bila kamu tidak ingin cat makin terdorong lebih dalam ke serat pakaian.

Rendam kaos distro selama satu malam, keesokan hari barulah kaos bisa kamu cuci. Ingat, jangan mencampur pakaian apapun dalam rendaman. Kamu bisa menggunakan air panas untuk mengoptimalkan proses pencucian.

Jangan lupa untuk melihat label pakaian untuk mengecek berapa suhu maksimum air yang dapat digunakan.

Kalau kamu melihat ada perubahan warna yang signifikan pada noda cat setelah percobaan pertama, ulangi lagi proses di atas untuk menghilangkan noda cat secara keseluruhan.

Tapi bila tidak ada perubahan, artinya cat minyak yang menodai kaos kamu sudah permanen dan enggak bisa dibersihkan.

3. Menghilangkan Noda Cat pada Kaos Distro dengan Semprot Rambut

Cara yang ketiga bisa berguna untuk membersihkan noda cat yang telah mengering pada kaos distro atau kaos polos kamu. Namun demikian, cara ini lebih disarankan untuk cat berbahan dasar lateks atau jenis cat air.

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

Kikis terlebih dahulu noda cat yang telah mengering dengan pisau atau sendok. Jangan langsung menggosok noda cat karena dapat membuat noda masuk dan mengeras lebih dalam pada serat pakaian.

Meski cat lateks lebih gampang dibersihkan ketimbang jenis cat minyak, namun cat lateks akan lebih cepat mengering. Biasanya hanya dalam waktu satu hingga dua jam saja, cat akan segera mengering seluruhnya.

Bila noda cat yang mengeras sudah dikikis, kamu bisa menggunakan semprot rambut untuk menggosok noda.

Setelah itu lanjutkan menggosoknya lagi dengan sabun dan air.

Biasanya noda akan hilang sesudah dilakukan beberapa kali pembilasan dan pencucian menggunakan mesin cuci.

Cara di atas memang cukup mudah karena noda berasal dari jenis cat air atau cat lateks. Selain menggunakan cat rambut, kamu juga bisa menggunakan alkohol isopropil murni yang memang biasa digunakan untuk melarutkan noda.

Diamkan larutan alkohol selama beberapa menit supaya menempel pada kaos distro, pastikan bagian yang terkena noda menjadi basah oleh semprot rambut atau alkohol isopropil.

Perlu waktu untuk menguraikan noda cat yang sudah mengeras, jadi bersabarlah selama beberapa menit sebelum menggosoknya.

Gosok kembali dengan sikat atau waslap. Perlahan kamu akan melihat cat mulai lepas atau mencari kaos. Jika tidak ada perubahan, berarti semprot rambut belum cukup banyak, kamu harus menambahkannya lagi pada bagian kaos polos yang terkena noda.

Ulangi proses di atas selama beberapa kali agar noda cat dapat hilang dengan sempurna. Setelah itu, baru kamu cuci pakaian seperti biasa. Tapi perlu diingat juga jangan mencucinya bersamaan dengan pakaian lain.

Baca Juga: Jangan Asal Pakai ! ! Berikut Tips Merawat Kaos Warna Hitam Agar Tidak Cepat Pudar dan Luntur

Kesimpulan

Pada dasarnya noda cat yang menempel pada kaos distro maupun pakaian kamu masih dapat dibersihkan bila kamu menanganinya dengan cepat.

Kamu bisa mengandalkan satu cara di atas sesuai dengan bahan yang tersedia. Namun untuk cara membersihkan cat pada pakaian menggunakan terpentin akan lebih bekerja maksimal pada jenis cat minyak.

Meskipun terpentin dapat digunakan pula untuk cat air, namun tidak perlu melakukannya mengingat risiko yang mungkin terjadi. Cukup menggunakan air hangat, sabun, ataupun semprot rambut.

Selamat mencoba guys!

Bagikan Artikel Ini

cara dan aplikasi desain kaos