Cara Mengembalikan Ukuran Kaos yang Menyusut

Cara Mengembalikan Ukuran Kaos yang Menyusut

Setelah kita membahas tentang tips merawat kaos warna hitam agar tidak cepat memudar dan luntur, kali ini kami akan menyampaikan informasi bagaimana cara mengembalikan atau mengatasi ukuran kaos distro yang menyusut.

Banyak dari kamu yang mungkin pernah mengalaminya, ketika kaos distro yang kamu ambil dari mesin cuci tiba-tiba ukurannya menyusut atau mengecil.

Perlu kamu ketahui nih sob, beberapa jenis bahan kaos memang ada yang rentang mengalami penyusutan ketika dicuci. Terutama jika kaos yang kamu miliki berbahan wol, katun sutra, kain chifon atau bahan batik tulis.

Bahan-bahan pakaian tersebut memang rentan mengalami penyusutan ukuran saat dilakukan pencucian pertama.

Cara Mengatasi Kaos Distro yang Menyusut Kembali ke Ukuran Semula

Menyusutnya kaos distro atau kaos polos kamu juga bisa disebabkan oleh cara pencucian yang kurang benar atau tidak mengikuti petunjuk pencucian yang disarankan pada label baju.

Nah, kalau sudah kejadian kayak gini, kamu enggak perlu bingung, apalagi sampai panik. Kamu masih dapat mengembalikan ukuran kaos distro yang menyusut dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini!

Mengatasi Kaos Distro yang Menyusut dengan Kondisioner Rambut

Untuk melakukan cara mengembalikan kaos distro atau kaos polos yang menyusut menggunakan kondisioner rambut, ada beberapa alat dan bahan yang kamu perlukan, antara lain:

  • - Satu sdm. Kondisioner rambut.
  • - Satu buah ember plastik.
  • - Satu liter air bersih.
  • - Sebuah handuk.
  • - Lembaran karton bekas dari kardus.
  • - Satu buah jarum pentul yang cukup kuat.


Kalau bahan dan alatnya sudah siap, kamu bisa melakukan beberapa langkah berikut ini:

1. Sediakan ember dan isi dengan satu liter air.

2. Tuangkan 1 sdm kondisioner ke dalam air pada ember tersebut.

3. Masukkan kaos distro atau kaos polos kamu ke dalam ember hingga benar-benar terendam seluruhnya.

4. Biarkan rendaman selama 15 menit untuk mengendurkan serat kaos distro tersebut. Cara ini juga akan membuat kaos rentan terhadap peregangan maupun penyusutan.

5. Ambil kaos dan bungkus dengan handuk.

6. Gulung handuk dan peras air yang masih tertinggal di dalamnya.

7. Tarik-tarik kaos tersebut sampai ukurannya sesuai dengan yang kamu inginkan.

8. Lekatkan kaos polos menggunakan jarum pentul atau paku payung pada lembaran karton.

9. Lepaskan kaos dan tarik-tarik lagi seratnya, kemudian lekatkan kembali pada lembaran karton. Lakukan langkah ini secara berkala hingga kaos distro benar-benar kering.

10. Kaos distro kesayangan kamu kini sudah kembali ke bentuk dan ukurannya yang semula.


Mengatasi Kaos Distro yang Menyusut dengan Air Cuka

Cara berikutnya untuk mengembalikan ukuran kaos distro atau kaos polos kamu yang menyusut ke bentuk semula adalah menggunakan air cuka. Cara ini bisa diterapkan pada kaos dan juga pakaian berbahan wol maupun kashmir.

Selain air cuka, kamu juga bisa menggunakan boraks. Kedua bahan tersebut memiliki kandungan yang berfungsi untuk melembutkan pakaian.

Bahan dan alat yang diperlukan:

  1. - Air cuka atau boraks.
  2. - Air hangat.
  3. - Ember plastik.
  4. - Beberapa handuk ukuran besar.
  5. - Pakaian yang ingin kamu kembalikan ukurannya.


Setelah semua bahan dan alat disiapkan, kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini:

1. Siapkan ember plastik dan air hangat, lalu masukkan 1-2 sdm cuka untuk setiap satu liter air hangat.

2. Masukkan kaos yang menyusut ke dalam larutan hingga terendam seluruhnya. Biarkan selama 30 menit.

3. Angkat kaos dari rendaman, lalu peras sisa air yang masih ada.

4. Bentangkan kaos lalu masukkan gulungan handuk kering sebanyak yang dibutuhkan sampai ukuran dan bentuknya mendekati kondisi semula.

5. Kibaskan kaos distro yang di dalamnya masih terdapat gulungan handuk selama 10 hingga 15 menit agar serat kainnya dapat meregang.

6. Pasang hanger dan gantung kaos dengan handuk yang masih ada di dalamnya.

7. Biarkan hingga kaos mengering.


Trik Mengembalikan Ukuran Kaos yang Menyusut dengan Air Hangat

Kaos yang menyusut dapat dikembalikan ukurannya seperti semula dengan menggunakan trik rendaman air hangat dan gravitasi.

Bahan dan alat yang diperlukan:

  1. Bak atau ember plastik.
  2. Kaos distro atau kaos polos yang ingin dikembalikan ukurannya.
  3. Air hangat.


Ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Siapkan ember atau bak plastik, lalu isi dengan air hangat.

2. Rendam kaos ke dalam bak berisi air hangat selama kurang lebih 15 menit.

3. Keluarkan kaos, lalu pakailah.

4. Lakukan gerakan sebanyak mungkin untuk membantu peregangan serat kaos yang menyusut. Misalnya dengan senam kecil, menari, atau melakukan apapun untuk meregangkan kaos selagi kamu mengenakannya.

5. Kamu juga bisa fokuskan pada area tertentu yang ingin diregangkan.

6. Lepaskan kaos, dan jemur sampai kering menggunakan hanger. Gravitasi akan menarik beban berat ke bawah sehingga serat kaos dapat meregang secara vertikal.


Trik Mengembalikan Ukuran yang Menyusut untuk Semua Jenis Pakaian

Tidak hanya kaos saja yang bisa menyusut, tapi juga beberapa jenis pakaian bisa menyempit lebih kecil dari ukurannya semula.

Nah, kalau tadi kita sudah mengetahui cara maupun trik untuk melonggarkan kaos distro yang menyusut, sekarang kamu bisa coba cara mengembalikan ukuran untuk semua jenis pakaian.

1. Melonggarkan Pakaian Berbahan Rajutan

Cara mengembalikan ukuran pakaian berbahan rajutan bisa kamu lakukan menggunakan sampo bayi. Ya, mungkin jarang orang mengetahui kalau sampo untuk si kecil yang mungil ini bisa bermanfaat untuk melonggarkan pakaian yang menyusut.

Sampo memiliki kadar kelembaban yang tinggi. Itulah mengapa sampo bayi dapat kamu gunakan sebagai bahan untuk mengendurkan serat rajutan yang sudah menyusut.

Caranya juga enggak sulit kok, kamu cukup merendam pakaian rajutmu dalam ember yang berisi larutan sampo bayi. Kemudian rentangkan handuk kering dan tempatkan pakaian rajut yang masih basah tadi di atasnya.

Gulung dengan handuk kering yang berada di bawah pakaian tadi. Setelah pakaian setengah kering, pindahkan ke handuk kering lain yang bersih. Gulung kembali dan tarik-tarik pakaian sampai kering.

2. Mengembalikan Ukuran Celana Jeans yang Menyusut

Enggak sedikit orang yang sengaja menunda untuk mencuci celana jeansnya. Hal ini dikarenakan mereka khawatir setelah dicuci, bagian paha atau pinggang dari celana jeans tersebut akan menyusut dan terasa sesak. Kok bisa ya, padahal berat badan enggak bertambah lho!

Namun jika celana jeans kamu sudah terlanjur menyusut. Kamu enggak perlu khawatir karena masih bisa dibuat melar kembali.

Caranya pun mudah, yaitu dengan merendam celana jeans dalam bak berisi air hangat selama 15 menit. Tarik-tarik bagian celana yang ingin kamu longgarkan kembali, kemudian jemur sampai kering.

3. Melonggarkan Baju Berbahan Katun

Sedangkan untuk pakaian berbahan katun apabila terjadi susut ukuran, kamu dapat memanfaatkan kondisioner yang biasa dipakai untuk melembabkan rambut yang kering.

Langkah-langkahnya, pertama larutkan beberapa tetes kondisioner ke dalam ember berisi air, lalu rendam pakaian berbahan katun tersebut selama 15 menit.

Kedua, angkat pakaian, peras, dan letakkan di atas handuk kering lalu digulung. Langkah terakhir adalah keringkan baju dengan handuk bersih lain sambil ditarik-tarik sampai kembali ke ukuran sebelumnya. Tunggu sampai pakaian mengering.

4. Melonggarkan Baju Berbahan Wol atau Kasmir

Air cuka dan boraks tidak hanya bermanfaat untuk mengembalikan ukuran kaos distro atau kaos polos yang menyusut, tapi juga bisa digunakan untuk jenis pakaian berbahan wol ataupun kasmir.

Kamu bisa memakai air cuka ataupun boraks bila ingin mengendurkan serat kain yang menyusut terutama untuk pakaian berbahan wol atau kasmir.

Langkah penggunaannya cukup mudah, hampir sama dengan cara melonggarkan kaos distro menggunakan air cuka, yaitu siapkan ember atau bak plastik dan isi dengan air hangat.

Masukkan 1-2 sdm air cuka untuk setiap satu liter air hangat. Lalu rendam pakaian ke dalam larutan tersebut selama kurang lebih 30 menit. Pakai handuk untuk membuatnya setengah kering, lalu jemur pakaian hingga benar-benar kering.

Selain keempat cara di atas, kamu juga bisa memanfaatkan jarum pentul untuk mengembalikan ukuran baju yang menyusut.

Rentangkan pakaian pada meja setrika atau yoga mat, lalu sematkan jarum pentul pada sisi atas baju. Tarik dengan lembut baju ke arah bawah.

Lakukan hal yang sama untuk bagian samping. Sematkan jarum pentul pada sisi bagian samping, lalu tarik dengan lembut ke bagian samping atau arah yang berlawanan dari jarum pentul. Terapkan cara tersebut hingga pakaian kamu kembali menyerupai ukuran sebenarnya.

Trik Pakaian Kekecilan Agar Tetap Bisa Dikenakan

Bertambahnya berat badan memang menimbulkan banyak masalah. Salah satunya akan banyak pakaian, kaos polos, maupun kaos distro lama kamu yang kekecilan dan enggak bisa lagi dikenakan.

Kalau sudah begini, apakah kamu hanya akan memajang kaos distro kesayangan kamu di dalam lemari? Atau melakukan program diet yang ribet agar pakaian kamu bisa muat kembali untuk dikenakan?

Jangan khawatir, kamu enggak perlu risau karena ada beberapa trik mudah yang bisa dilakukan untuk membuat pakaian atau kaos distro kamu yang kekecilan tetap bisa dikenakan.

Tenang saja, kamu enggak perlu ribet melakukan program diet dalam trik yang akan kami bagikan berikut ini!

1. Jahit Bahan Tambahan di Bagian Samping Kaos

Jika kamu punya kaos polos atau kaos distro kesayangan yang sudah kekecilan tapi ingin tetap bisa dikenakan, bisa mencoba cara yang satu ini.

Kamu hanya memerlukan sedikit skill menjahit dan bahan tambahan yang warnanya sama dengan kaos distro tersebut.

Kamu cukup menggunting bagian samping kiri dan kanan kaos yang kekecilan, lalu ukur dan satukan bahan tambahan menggunakan mesin jahit.

2. Cara Melonggarkan Celana Jeans yang Kekecilan

Sama seperti kaos distro atau kaos polos, celana jeans lama yang kekecilan juga bisa kamu longgarkan sehingga bisa dipakai lagi.

Caranya mudah, jika bagian yang sempit berada di lingkar pinggang kamu bisa gunting sedikit bagian tersebut lalu tambal dengan bahan jeans baru yang stretchy dan warnanya enggak terlalu kontras.

Cara lainnya ialah dengan mencabut kancing lalu jahit bahan tambahan dan jahit lagi kancingnya. Nah, sekarang jeans kamu yang kekecilan bisa dipakai dengan nyaman deh!

Itulah tips-tips dari kami mengenai cara perawatan kaos distro dan kaos polos agar bisa awet dipakai hingga jangka waktu yang lama. Semoga membantu!

Bagikan Artikel Ini

cara dan aplikasi desain kaos