fbpx
9 Bahan Kaos Distro Yang Bagus & Karakteristiknya

Jangan menyepelekan jenis bahan kaos distro, salah memilih bisa membuat kaos yang kamu kenakan tidak berumur panjang dan cepat rusak. Oleh karena itu kamu wajib mengenali jenis bahan kain sebelum membeli atau memproduksi sebuah kaos, hal tersebut dilakukan agar kamu mengetahui kualitas bahan kain yang digunakan.

Setiap kaos yang di produksi menggunakan jenis kain yang berbeda-beda tergantung dari kebutuhan.

Lalu jenis bahan apa saja yang sering digunakan di Indonesia? Berikut adalah jenis-jenis bahan kaos distro beserta karakteristiknya:

1. Cotton Combed

bahan kaos distro cotton combed
sumber firelabel.co.uk

Cotton Combed adalah jenis bahan kain yang terbuat dari 100% kapas (cotton). Jenis kain ini paling banyak digunakan untuk produksi kaos distro di Indonesia. Karakteristik bahan cotton combed memiliki tekstur permukaan yang halus dan juga kehandalannya dalam menyerap keringat.

Cotton combed sendiri memiliki beberapa jenis sesuai dengan gramasi pada mesin rajut yang digunakan. Cotton Combed jenis tersebut adalah Cotton Combed 20s, 24s, 30s, dan 40s. Berdasarkan dari angka – angka yang tertera pada gramasi mesin rajut menunjukkan bahwa semakin tinggi angkanya maka semakin halus kainnya dan juga semakin tipis jadinya. Semakin tipis dan semakin halus berarti semakin mahal harganya.

2. Cotton Carded

bahan kaos distro cotton carded

Cotton Carded adalah jenis kain yang dibuat menggunakan mesin pemintal bahan atau yang sering disebut dengan Carding. Mesin carding memisahkan kapas dengan cara digaruk dan menyisakan serat kapas di ujungnya.

Bahan cotton carded sedikit lebih kasar dibandingkan cotton combed, jika digunakan untuk bahan baju hasilnya sedikit berbeda, permukaan rajutannya kurang halus dan kurang merata. Bahan yang kedua ini umumnya digunakan untuk bahan kaos distro yang biasa dijual dengan kualitas yang megecewakan karena harganya terbilang sangat murah di bandingkan cotton combed.

kaos dengan bahan cotton carded memang memiliki tekstur kurang halus dan cenderung lebih kasar, berikut perbedaan antara Cotton carded vs Cotton Combed jika kedua bahan di zoom.

perbedaan cotton combed dan cotton carded

Jangan sampai tertipu oleh penjual nakal yang menggunakan bahan kaos distro Carded atau Polyster, cara membedakan bahan Cotton Combed vs Cotton Carded & Polyster.

Cara membedakan Bahan Kaos Distro

Cotton Combed vs Cotton Carded


sumber:
youtube

3. Cotton Viscose atau CVC

bahan kaos distro viscose cvc
sumber: indiamart.com

Cotton Viscose (CVC) merupakan bahan kaos dan pakaian yang terbuat dari campuran antara cotton dengan Polyester sehingga memiliki beberapa kelebihan. Misalnya pada tingkat keawetannya yang sangat baik dikarenakan adanya campuran Polyester Viscose yang memiliki sifat sintetis dan berasal dari proses kimia, ditambah lagi pada permukaannya yang halus dikarenakan adanya campuran cotton murni di dalamnya.

Selain Cotton Combed dan juga Cotton Carded, jenis kain CVC ini juga sering dianggap sebagai salah satu jenis kain yang juga umum digunakan sebagai bahan kaos distro.

bahan Cotton CVC mengandung campuran antara 55% cotton combed dan 45% bahan viscose. Yang membuat bahan ini menjadi istimewa adalah karena tingkat susut kainnya lebih sedikit dari pada bahan cotton combed. Selain itu bahan ini juga mampu menyerap keringat dengan baik.

4. Catton Tc (Teteron Cotton)

bahan kaos distro Teteron Cotton
sumber: alibaba.com

Bahan TC (Teteron Cotton) merupakan bahan kaos yang terbuat dari campuran Polyester dengan Cotton atau katun murni, namun bedanya pada TC komposisi dari Polyester lebih banyak dibandingkan katunnya (Umumnya Polyester 65%-Cotton 35%).

Bahan TC sering dikenal sebagai bahan yang kurang adem alias gerah saat digunakan karena tidak terlalu baik menyerap keringat, namun tidak mudah menyusut mesipun dicuci berkali-kali, berbeda dengan bahan-bahan yang dibuat dari 100% kapas murni, serta harga bahan-nya lebih murah dibandingkan harga bahan kaos Cotton Combed ataupun Carded.

Cara Membedakan Bahan Kaos Cotton Combed dan Polyster


sumber:
youtube

5. Polyester

bahan kaos kaos distro polyster
sumber: lesouk.co

Bahan Polyester atau PE merupakan jenis bahan kaos yang terbuat dari 100% bahan sintetis alias buatan, memiliki harga bahan yang lebih murah dibandingkan katun ataupun campuran, dan umum digunakan untuk kaos-kaos yang diproduksi secara massal.

Ciri khas dari bahan PE ini adalah pada tekstur permukaannya yang kasar serta panas saat digunakan karena tidak dapat menyerap keringat dengan baik, namun awet serta tidak mudah menyusut, dan juga anti jamur dan bakteri.

6. Hyget

bahan kaos distro hyget
sumber Tokopedia

Bahan Hyget merupakan bahan kaos yang dibuat dari campuran antara Polyester dan Cotton, namun memiliki ketebalan yang minim alias lebih tipis dibandingkan lainnya. Warna bahannya lebih mengkilap, tidak mudah kusut, namun sangat gerah alias panas saat dikenakan karena bahan ini sangat buruk dalam menyerap keringat, namun harganya sangatlah murah.

Karenanya, jenis kain ini lebih umum digunakan untuk memproduksi kaos dalam jumlah besar seperti kaos partai ataupun kaos souvenir yang tujuannya untuk dibagi-bagikan kepada banyak orang.

7. Pique / Lacoste

bahan kaos distro polo shirt pique
sumber indiamart.com

Bahan Pique atau sering disebut juga bahan Lacoste merupakan bahan yang terbuat dari 100% Polyester sehingga tergolong bahan sintetis, namun yang membedakan adalah pada tekstur Pique yang memiliki pori-pori besar apabila dibandingkan bahan sintetis lainnya.

Umumnya jenis bahan kain ini sering digunakan sebagai bahan kaos polo (polo shirt) alias kaos wangki, yang merupakan kaos berkerah dan juga tebal, serta rajutannya yang tidak serapat bahan pada umumnya.

8. Cotton Bamboo

bahan kaos distro cotton bambu
sumber makermountainfabrics.com

Cotton Bamboo adalah jenis kain campuran antara kapas berkualitas dan bambu, yang memiliki banyak keunggulan apabila dibandingkan bahan kaos katun pada umumnya seperti anti bakteri, anti listrik statis dan ramah lingkungan.

Bahan cotton bambo memiliki tekstur yang halus dan handal dalam menyerap keringat sehingga adem saat dipakai, dan juga keunggulan-keunggulan lainnya menjadikan Cotton Bamboo sebagai salah satu bahan kaos distro original yang sering digunakan di indonesia.

Di samping itu bahan ini juga diklaim dapat mengurangi bau badan ataupun bau kaki (apabila dijadikan sebagai bahan untuk kaos kaki) yang disebabkan oleh bakteri dan juga anti terhadap serangan jamur.

Sayangnya ketersediaannya masih sangat langka karena masih jarang dipakai oleh kebanyakan toko tempat membeli kain, dan kalaupun ada harganya masih lumayan mahal.

9.  Cotton Supima

Bahan kaos distro supima
sumber supima.com

Supima merupakan singkatan dari Superior Pima yang berarti benang katun super yang berasal dari perkebunan Cotton Pima yang terletak di Amerika Serikat. Bicara tentang bahan kaos distro terbaik tentunya jenis kain Cotton Supima tidak bisa ditinggalkan, karena jenis bahan kaos yang satu ini terbuat dari kapas pilihan berkualitas tinggi

Semua keunggulan bahan katun juga dimiliki oleh bahan yang satu ini, dan bahkan jauh lebih baik dikarenakan kualitas kapasnya telah banyak diakui sebagai yang terbaik di dunia.

Namun dikarenakan kualitasnya yang tinggi tersebut, ditambah dengan siklus panennya yang jarang dan hanya diambil dari satu perkebunan saja menjadikan harga bahan cotton ini sangat tinggi dan ketersediaannya pun terbatas di pasaran.

Nah itulah beberapa jenis bahan kaos distro yang sering digunakan untuk kaos distro online dan merek pakaian di indonesia, Cotton Combed masih menjadi bahan paling populer yang sering di gunakan merek baju branded di indonesia.

Write Your Review

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CART