SERING DIPALSUKAN Ini 5 Cara Membedakan Kaos Distro Original

5 Cara Membedakan Baju Distro Original dan KW

Pesatnya perkembangan industri fashion di Indonesia menjadikan kaos distro original brand clothing lokal dipalsukan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab.

Demi meraup keuntungan lebih, mereka membuat produk tiruan dari merk branded lokal. Sebagai pembeli yang cerdas tentu kamu harus jeli memilih manakah produk original dan KWnya, mengingat saat ini begitu banyak outlet yang menjual produk KW dengan rupa yang sangat mirip.

Seperti di Bandung misalnya, meskipun di kota kembang ini termasuk salah satu tempat lahirnya brand baju branded lokal, namun disini pula banyak produsen kaos distro KW yang kemudian dijual melalui outlet-outlet/secara online.

Jika kamu seorang pedagang, tentu tak ada baiknya mencoba cara ini. Selain merugikan dan mengecewakan pembeli, apabila perbuatanmu ketahuan tindakan hukum bisa saja harus kamu hadapi. Alhasil, usahamu yang sudah berkembang akan mendapat dampak buruknya.

Lalu bagaimana cara mengetahui jika produk yang kamu beli adalah produk asli atau palsu ?

Sebenarnya cukup banyak aspek yang bisa memperlihatkan manakah kaos distro ori atau KW yang bisa kamu jadikan acuan sebelum belanja kaos distro. Pastikan jika kamu memahami seluruh aspek tersebut sehingga kamu tidak tertipu dengan penjual nakal ya.

Nah berikut ini adalah beberapa faktor atau aspek yang perlu kamu perhatikan ketika ingin membeli kaos distro original brand lokal.


1. Kelengkapan label dan Tag

kelengkapan kaos distro

Hal yang harus kamu perhatikan ketika ingin membeli kaos distro original adalah melihat kelengkapan yang ada di kaos yaitu Label, hang tag dan washing care atau petunjuk cara mencuci, setidaknya kelengkapan ini harus ada dalam kaos distro. minimal terdapat 2 tag yaitu label dan hang tag.

label pada kaos ini biasa terbuat dari bahan satin namun yang paling sering digunakan adalah label berbahan woven. Keberadaan label woven ini bisa menunjukkan nilai jual produk. Ini berupa kain yang dibuat dengan cara ditenun atau dianyam. Kain itu berisi logo merk dan ukuran kaos. Letaknya biasanya di tangan, pinggang, atau di ujung bawah kaos atau overdek.

tidak hanya berbahan woven dan satin saja label kaos distro ori juga ada yang cara di sablon berikut contoh label pada kaos distro original yang di sablon

label sablon kaos distro original

contoh label sablon. sumber ugmonk.com

Yang harus diperhatikan pada bagian label ini adalah bentuk dari logo brand kaos distro itu sendiri, kamu harus jeli melihat apakah logo pada label sesuai dengan bentuk logo aslinya. jika kamu melihat ada ketidakcocokan logo misal bentuk logo sedikit lebih miring dari logo aslinya maka sebaiknya jangan membeli kaos tersebut karena bisa di pastikan kaos yang ingin kamu beli bukan kaos distro original. Berikut contoh perbedaan logo pada label woven brand streetwear Supreme yang bisa kamu perhatikan ketika ingin membeli kaos distro original

perbedaan label kaos asli dan palsu

sumber theidleman.com


2. Lihat Kualitas Bahan Kaos Tersebut


bahan kaos distro original

Perbedaan ke dua yang cukup nampak pada kaos distro original dan KW adalah pada kualitas bahannya.Umumnya kaos distro asli memiliki bahan yang lebih lembut dan tidak panas. Ya meskipun setiap brand memiliki standar kualitas bahan yang berbeda. Namun kabar buruknya disini ialah, begitu banyak kaos distro KW super yang menggunakan bahan hampir serupa dengan produk orinya. Dengan kata lain produk KW super biasanya sangat sulit dibedakan dengan produk aslinya.

Sedangkan untuk kaos KW biasanya menggunakan bahan yang jauh lebih kasar dan cukup tebal, sehingga untuk membedakannya lebih mudah. Ciri lain dari kaos distro ori dan palsu adalah penggunaan bahan. kaos distro kw biasanya menggunakan bahan yang mudah melar. Hanya dengan sekali cuci atau beberapa kali cuci, ukuran kaos sudah langsung melar.

Warna pada kaos pun bisa dengan mudah pudar. Yang lebih parahnya lagi, penggunaan bahan dengan kualitas buruk juga sering kali menyebabkan bahan luntur sehingga warna akan berubah dalam beberapa kali pemakaian saja.

Bahan yang banyak diproduksi untuk merk baju distro brand lokal terkenal antara lain adalah jenis bahan kaos combed 24s, 28s, 32s dan 40s. Beberapa brand juga menggunakan bahan kain katun bamboo.

Lalu apa keistimewaan yang dimiliki oleh jenis bahan tersebut ? Untuk kain combed sendiri biasanya memiliki tekstur yang lebih halus dan adem. Ketebalannya pun pas, sehingga sangat cocok jika dibuat untuk kaos.

Sedangkan untuk katun bamboo sendiri memiliki tekstur yang lebih padat dan tidak begitu lentur. Meski demikian, jenis kain ini dapat meresap keringat dengan baik jadi cocok buat kamu gunakan untuk melakukan aktifitas sepanjang hari.

Jenis kain tersebut masih cukup banyak ditemui di pasaran, sehingga mudah bagi produsen kaos distro palsu untuk menirunya. Kebanyakan merek baju distro menggunakan bahan kain yang di beli dari toko kain yang berkualitas dan setiap toko kain memiliki kualitas tersendiri sehingga gramasi bahannya juga berbeda beda.

Untuk menguji kualitas kain pada kaos distro kamu bisa melakukan dengan cara dibakar atau diraba. Kain katun jika dibakar maka menyala apinya cenderung lambat dan menghasilkan sisa pembakaran abu kertas yang dibakar.

Sedangkan kain polyester ketika di bakar api akan cepat membakar bagian kain dan menyisakan pembakaran seperti plastik atau sedotan yang dibakar, nah untuk bahan kaos jenis TC jika dibakar menghasilkan sisa seperti arang.


sumber: youtube


3. Jenis Cat Sablon Yang Digunakan


sablon kaos Distro Original dan KW

Meskipun hanya memiliki detail yang simple, salah satu ciri kaos distro adalah selalu menggunakan jenis cat sablon yang berkualitas. Nah dari sablon inilah kamu bisa membedakan mana produk original dan produk KWnya.

Untuk kaos distro original tentu diproduksi dengan detail sablon yang rapi dan tampak sempurna. Beberapa hal yang mempengaruhi kualitas sablon antara lain adalah cat yang digunakan, mesin sablon, jenis kain serta desain dari sablon tersebut.

Demi mendapatkan hasil sablon yang sempurna, pastinya produsen kaos distro original akan memperhatikan seluruh aspek tersebut, mulai dari penggunaan cat sablon kualitas terbaik, mesin sablon modern yang sudah dilengkapi teknologi tinggi, jenis kain yang sesuai standar sablon serta desain sablon yang proporsional.

Berbanding dengan produk KW, dimana jika dilihat lebih jeli biasanya bagian sablon tidak serapi produk aslinya. Kualitas sablon pun sangat buruk, seperti penggunaan cat kualitas rendah yang menjadikan sablon cepat retak dan rusak.

Baju distro yang asli dan berkualitas biasanya bisa kamu bedakan melalui tinta yang digunakan untuk sablon. produk yang berkualitas biasanya menggunakan cat sablon Plastisol.

Cat sablon Plastisol memiliki daya lebih kuat untuk merekat pada kain selain itu warna yang dihasilkan juga bagus. Meskipun hasilnya bagus, masih harus disertai dengan perawatan yang extra supaya sablon palstisol di kaos kamu lebih awet.

salah satu perawatan agar sablon kaos plastisol adalah jangan menyetrika bagian kaos hal ini akan membuat sablon kaos akan meleleh karena tekanan panas dari strika.

Namun perlu diketahui kaos distro ori juga menggunakan berbagai macam jenis cat sablon seperti Superwhite, Plasticharge, High density namun kebanyakan distro KW biasa menggunakan cat sablon Rubber karena harga cat sablon ini cukup murah.


4. Perhatikan Detail Jahitan


jahitan di kaos distro original

Selain bahan dan sablon, faktor lain yang bisa mempengaruhi kualitas sebuah kaos atau pakaian adalah kerapihan jahitannya. Produk kaos distro original pastinya diproduksi dengan sangat rapi termasuk pada proses penjahitannya.

Bahkan hingga ke bagian terkecil sekalipun akan diperhatikan sehingga kaos tampak lebih ekslusif. Tak hanya itu, kualitas jahitan yang bagus juga akan sangat berpengaruh pada kenyamanan kaos saat digunakan.

Biasanya hal ini juga berkesinambungan dengan cutting kaos. Apabila cutting sempurna dan diteruskan dengan proses penjahitan yang baik, maka akan dihasilkan kaos yang nyaman.

Bayangkan saja jika kamu mengenakan kaos dengan cutting yang tak simetris, pastinya ketika dikenakan kaos akan sangat tidak nyaman bahkan tak jarang memberikan kesan aneh pada penampilanmu.

Semisal pada cutting lengan, biasanya sebuah kaos sudah memiliki ukuran standar untuk lingkar lengan atasnya. Jadi ketika kaos diproduksi dengan cutting yang tidak pas dan dijahit tidak sempurna, kaos akan sulit digunakan untuk bergerak leluasa.

Bagian kerah juga menjadi bagian terpenting yang sangat berpengaruh pada kenyamanan kaos saat dikenakan. Mulai dari round-neck hingga v-neck harus dibuat dengan lingkar yang tepat. Pemilihan detail jahitan di bagian kerah juga harus benar-benar nyaman serta sesuai dengan konsep kaos.

Dari hal-hal kecil yang diperhatikan sempurna inilah kemudian didapatkan kaos distro asli dengan kualitas maksimal.

Lain halnya kaos KW yang sering kali tidak memperhatikan detail pada jahitan. Semisal pada sisa-sisa benang yang masih terlihat diujung jahitan. Walaupun hal kecil, tentunya ini sangat berpengaruh pada kualitas kaos secara keseluruhan.

So buat kamu yang tak mau tertipu dengan kaos distro KW, pastikan kamu selalu mengecek setiap sisi kaos dan perhatikan detail jahitannya.


5. Jangan Tertipu Dengan Harga Kaos Distro Murah


harga kaos distro original

Dengan kualitas terbaik, tentu bukan hal aneh jika harga kaos distro ori dibandrol dengan harga yang relative tinggi. Bahkan untuk kaos original brand lokal pun dijual dengan nominal yang relative tinggi dibanding kaos biasa.

Namun jika dilihat di pasaran saat ini, begitu banyak kaos distro yang dijual dengan harga murah meriah. Khususnya jika kamu mencari di situs-situs kaos distro online, sosial media atau marketplace. Harga yang jauh di bawah standar bisa kamu dapatkan dengan sangat mudah. Tapi apakah produk dengan harga murah tersebut memiliki kualitas yang sama dengan produk yang dibandrol dengan harga standar? Jawabannya tentu TIDAK.

"Rego Gowo Rupo"

pepatah Jawa dengan arti "Harga membawa bentuk" inilah yang perlu kamu terapkan ketika memilih produk distro original.

Jangan sampai kamu tergiur dengan iming-iming harga murah, sedangkan kualitas produknya belum jelas. Biasanya harga murah ini didapatkan karena penggunaan bahan kualitas rendah dan proses produksi yang tidak maksimal sehingga memakan biaya yang lebih rendah juga. Jadi jangan segan untuk membandingkan harga kaos distro original yang dijual secara bebas dan kaos distro yang dijual di store ya!

Lalu bagaimana dengan produk yang dijual murah pada event clothing? Nah jika kamu membeli di event clothing, harga murah yang didapat karena brand/clothing tersebut sedang mengadakan promo, sehingga kamu bisa mendapatkan harga yang lebih miring.

Baca juga : 3 HAL YANG MEMBUAT HARGA KAOS DISTRO ORIGINAL MAHAL


6. Bentuk Logo Pun Perlu Diperhatikan


logo kaos distro original

Sebuah brand clothing biasanya mempunyai logo yang menjadi ciri khas dari brand tersebut. Nah dari logo ini kamu juga bisa membedakan manakah kaos distro original dan KW.

Produk original tentunya memiliki artwork/design yang begitu rapi karena ini merupakan hasil karya yang menjadi identitas brand tersebut.

Akan tetapi produk KW yang mengatas namakan sebuah brand, biasanya akan kacau dalam masalah logo. Walaupun dibuat semirip mungkin, biasanya tetap ada celah yang menjadikan produk tiruan tersebut terlihat berbeda dengan produk aslinya.

Semisal pada bagian label, meski berukurannya relative kecil namun dibagian ini biasanya perbedaan terlihat jelas.

Kemudian pada bagian bordir juga bisa saja terlihat adanya perbedaan kecil yang sebenarnya bisa kamu jadikan penentu apakah produk tersebut asli atau KW.

Posisi logo antara produk asli dan KW juga sering kali berbeda. Nah untuk mendapatkan perbedaan yang jelas, pastikan kamu memperhatikan bagian ini dengan jeli.


7. Lihat Kemasan Produk


kemasan kaos distro original

Packaging atau kemasan yang rapi dan menarik juga menentukan apakah kaos distro yang kamu beli itu original atau tidak. Sebab, packaging ini menceritakan produk yang ada di dalamnya.

Untuk membedakan kaos distro original brand lokal dengan produk KW nya, kamu juga bisa melihat dari kemasan yang digunakan. Umumnya setiap clothing lokal mempunyai kemasan khas, baik berupa kantung plastik, box packaging, hoping bag khusus, amplop, paper bag, wadah plastik, tabung, dan lain sebagainya.

Ciri pada kemasan produk asli ini bisa saja berupa logo brand ataupun sablon lain yang memperlihatkan jika produk tersebut adalah ori. Jadi jika kamu membeli kaos distro yang dikemas dengan bungkus khusus, kemungkinan besar produk tersebut adalah original.

Berbanding terbalik dengan produk KW, karena harganya tidak setinggi harga kaos distro original maka kemasan produknya pun sangat biasa.

Bahkan bisa saja hanya menggunakan kantung plastik hitam atau putih polos tanpa logo. Wah dari kemasan saja sudah jelas sekali bukan keaslian produknya.


8. Proporsi Desain Kaos yang Tak Seimbang


ukuran proporsi kaos distro original

Seberapa pandainya produsen produk KW, pasti memiliki satu kekurangan yang sangat mutlak yaitu tidak bisa mendapatkan hasil yang 100% mirip.

Ya hal ini bisa kamu lihat salah satunya pada proporsi ukuran dan tema desain kaos. Bahkan jika dilihat sekilas pun perbedaan proporsi ini sudah sangat nampak. Semisal pada ukuran sablon yang terlalu besar atau kecil dari ukuran seharusnya.

Tema sablon kaos yang tampak kurang seimbang, bentuk atau ukuran font pada kaos yang kurang pas dan lain sebagainya.

Proporsi detail lain seperti saku, kancing dan bagian lain juga bisa menjadi pembeda yang sangat jelas. Jadi kalau kamu jeli, sebenarnya bukan hal sulit untuk membedakan kaos asli dan KW.


9. Tema Desain Kaos


toko kaos distro original

Kaos Distro DITZ Propaganda

Umumnya setiap kaos distro original brand ternama sudah mempunyai desain sendiri yang masing-masing memiliki karakter serta ciri khas tersendiri.

Ciri khas dari tema desain inilah yang menjadikan sebuah clothing atau brand memiliki nama yang cukup terkenal.

Dari tema desain yang dimiliki sebuah clothing line, kamu bisa melihat contoh desain yang sudah diterapkan dalam produknya.

Nah apabila kamu menemukan kaos dengan brand yang sama namun memiliki tema desain melenceng jauh dari produk sebrand lainnya, patut dicurigai jika produk tersebut adalah KW alias palsu.

Ya, perbedaan atau adanya ciri khas tema desain dari setiap brand memang bertujuan untuk memberi identitas serta membandingkan produk asli dengan palsunya.

Seperti beberapa brand ternama yang terkenal dengan tema desainnya yaitu Unkl dan Ouval dengan tema simple type dan minimalis.

Kemudian ada juga Crooz dan Think Cook yang banyak menggunakan tema karakter. Selain itu banyak pula clothing line lokal yang sudah memiliki tema desain sendiri, dan pastinya dengan kreatifitas tinggi dari setiap tema yang diusung.


10. Tempat Belanja Menentukan Kualitas Produk


toko kaos distro original

Selain memperhatikan ciri kaos distro original brand lokal dari bahan, detail, jahitan hingga kemasan, kamu juga perlu memperhatikan dimana kamu mendapatkan kaos tersebut.

Jika kamu membeli kaos melalui online ada beberapa Tips Belanja kaos distro murah yang perlu kamu perhatikan yang pertama lihatlah seberapa aktif akun sosial media dan website toko online tersebut, biasanya penjual kaos distro ori akan selalu update barang yang mereka jual, perhatikan juga like dan followers media sosial mereka pastikan like dan followers akun media sosial mereka real.

Cek juga websitenya, hal yang bisa kamu lakukan adalah kamu bisa mencarinya di google dengan mengetikan merek clothing yang ingin kamu beli, biasanya penjual kaos distro asli memiliki website dengan tampilan yang sangat bagus.

selain melalui sosial media dan website kamu juga bisa langsung datang ke store atau distro terdekat rumah kamu, untuk memastikan toko tersebut menjual produk asli kamu bisa melihat dari detail produk dan layout toko tersebut.

Toko yang menjual produk asli akan selalu menata rapi tampilan toko mereka, toko offline juga Biasanya menjadi authorized dealer dari merk clothing jadi jangan ragu untuk langsung berbelanja di toko.

Hindari membeli produk di pasaran atau toko dengan tampilan yang tidak menarik karena sudah bisa dijamin 99% jika produk yang dijual tersebut adalah palsu alias KW. Untuk menghindari toko yang menjual kaos distro palsu carilah informasi Alamat distro terdekat dari brand lokal yang ingin kamu beli, hubungi brand tersebut dan tanyakan kepada mereka lokasi Autorized Dealer (reseller) di sekitar tempat kamu tinggal.

Oleh karena itu, jika kamu ingin mendapatkan produk asli dengan harga kaos distro yang standar pastikan kamu hanya membelinya di official store ataupun authorized dealer (reseller) clothing line tersebut.

Seperti di DITZ, disini kamu bisa mendapatkan kaos distro original dengan kualitas terbaik. Produk yang bisa kamu dapatkan pun sangat lengkap, mulai dari kaos distro lengan panjang, jaket distro dan lain sebagainya.Jika kamu seorang wanita tidak perlu khawatir untuk menggunakan produk DITZ karena kaos distro wanita DITZ dirancang agar dapat digunakan untuk kaum hawa.

DITZ juga merupakan salah satu merk baju terkenal pria yang juga bisa dikatankan salah satu brand distro yang lagi booming, jadi saat kamu mengenakan produk dari Ditz dijamin penampilanmu akan terlihat lebih berbeda kerena produk yang diproduksi terbatas hanya ada 12pcs di Dunia.

Nah, ciri – ciri diatas poin 1 - 9 bisa kamu gunakan sebagai cara bagaimana membeli kaos distro original dari merk branded.

Selamat berbelanja... Jangan sampai tertipu ya !

Baca juga : 5 BAJU DISTRO BRAND LOKAL INDONESIA YANG TERKENAL TAHUN 90AN

Bagikan Artikel Ini

cara dan aplikasi desain kaos