fbpx
8 Alasan Kenapa Harga Kaos Distro Original Mahal

Demi tampil lebih stylish dan meningkatkan gengsi banyak kaum muda yang rela membeli kaos distro local brand original dengan harga selangit.

Sudah tidak lagi menjadi sebuah fenomena baru bahwa kaos distro original brand clothing lokal tumbuh & hadir menawarkan diri sebagai alternatif pilihan gaya hidup bagi kaum milenial. Dunia fashion khususnya produk clothing line lokal memang sesuatu yang tak akan pernah luput dari perhatian kaum milenial.

Dulu harga kaos yang mahal biasa hanya ditawarkan oleh baju branded dari luar negeri sebut saja seperti Supreme, A bathing Ape, stussy, off-white, palace, kith, etc. Akan tetapi siapa sangka jika merek lokal juga banyak yang membuat produk berkualitas dengan harga yang cukup mahal namun biasanya produk tersebut mahal.

Lalu, kenapa harga kaos distro original bisa lebih mahal?

Pertanyaan tersebut tentunya sudah bukan lagi fenomena langka, mengingat kualitas kaos distro local brand sudah tidak di ragukan, hal tersebut secara otomatis akan meningkatkan nilai jualnya.

Bahkan di Bandung yang merupakan kota tempat berkembangnya clothing line pun beberapa local brand menjual produk mereka dengan harga tinggi jika dibandingkan kaos biasa.

sebelum kita membahas artikel ini perlu diperhatikan bahwa yang kita bahas adalah kaos distro local brand original atau produk dari clothing line brand lokal, bukan kaos distro biasa ataupun fake.

Berikut alasan mengapa harga baju distro local brand original mahal:

1. Design dan Konsep Menentukan Harga

harga desain kaos distro original

Selain untuk alasan menciptakan produk yang ekslusif, banyak local brand yang memilih memproduksi kaos dengan kuantitas sedikit karena ingin selalu memberikan desain yang up to date.

Ketika sebuah produk dibuat dengan jumlah sedikit maka desain baru akan selalu bermunculan untuk menggantikan desain atau stok lama. Padahal untuk bisa membuat desain yang up to date dan unik dibutuhkan kreativitas tinggi dan sering kali tidak mudah.

Setiap brand memiliki desain dengan ciri khas tersendiri. Meskipun sebenarnya ada banyak konsep desain kaos distro, tetapi dari semua konsep ini sudah memberikan identitas tersendiri untuk stiap brandnya

Desain yang lebih ekslusif tentunya menjadikan kaos distro jauh beda dengan kaos biasa yang cenderung memiliki desain pasaran. Jadi dari desainnya saja kamu sudah bisa membandingkan mana sih kaos dari clothing line dan kaos biasa.

Saat melakukan proses desain banyak tahap yang harus dilakukan agar produk yang akan di rilis ke pasar benar-benar fresh dan dapat di terima konsumen. Biasanya para pemilik brand akan sedikit melakukan riset tentang trend design, fashion dan konsep yang sesuai dengan brand mereka.

so, gak gampang loh untuk menghasilkan 1 desain artikel butuh proses yang cukup melelahkan.

Tidak semua local brand memiliki designer yang bekerja full time beberapa brand tersebut harus membayar designer freelancer. untuk satu desain kaos distro yang dipesan dari freelancer biasa brand kaos harus mengeluarkan budget  200-500 ribu.

Padahal untuk satu desain hanya digunakan untuk produksi beberapa pcs saja. jadi sangat wajar ya jika desain yang ekslusif juga menjadikan harga jual kaos distro lebih mahal.

hal itu juga yang kami lakukan pada produk DITZ, setiap desain yang ada di ditzbrand.co.id hanya kami produksi sebanyak 12 pcs,desain desain tersebut dibuat oleh designer freelancer yang sudah berpengalaman di dunia clothing line.

2. Setiap Produk Yang Di Produksi Terbatas dan Exlusive

harga kaos distro original limited edition

Kaos distro local brand memiliki kecenderungan untuk tidak memproduksi baju dalam jumlah banyak (produksi masal hingga ratusan bahkan ribuan).

Kebanyakan dari mereka hanya memproduksi kaos dengan desain sama dalam jumlah ratusan. Benar sekali, untuk satu desain umumnya hanya akan digunakan untuk 36 pcs.

Pastinya mereka memiliki alasan tersendiri mengapa produksi tidak dilakukan secara masal. Hal ini dilakukan demi kepuasan pelanggan, yang apabila menggunakan produk unik dan langka pasti akan lebih percaya diri.

Bayangkan jika kamu memakai pakaian yang sudah sangat pasaran dan banyak digunakan orang lain, pasti menjengkelkan bukan?

Dari minimnya jumlah produksi per desain inilah yang harga produk menjadi melambung. Dimana sudah menjadi hukum ekonomi apabila pemesanan banyak maka harga akan semakin rendah dan pemesanan sedikit maka harga akan tinggi.

Ditambah lagi apabila local brand tersebut belum memiliki pengrajin sendiri, tentunya mereka harus turun tangan sendiri untuk memproduksi pakaian yang sesuai dengan harapan.

Jika pun tidak, umumnya setiap local brand akan melakukan workshop pada pengrajin agar produk yang dihasilkan sesuai dengan pesanan.

Biasanya workshop ini berisikan tentang detailing produk, cutting, hingga proses pengerjaan yang rapi dan quality control yang teliti.

Workshop ini sangat penting diberikan mengingat setiap lokal brand memiliki cita rasa atau keunikan tersendiri, sekalipun konsep yang diusung sama.

Dengan begitu ketika kamu menemukan kaos distro dari brand lokal clothing yang berbeda, pasti ada satu atau lebih keunikan yang tak dimiliki kaos dari brand lain.

3. Semakin Berkualitas Bahan Semakin Tinggi Harga 

harga bahan kaos distro

Sebuah tantangan tersendiri bagi lokal brand untuk memilih material garmen yang sempurna dan dapat memuaskan pelanggannya. Terlebih lagi bagi brand-brand yang bergerak di clothing line, dimana produksi kaos atau pakaian dalam kuantitas sangat sedikit dan dituntut untuk ekslusif.

Selain memperhatikan betul kualitas bahan yang dipilih, keunikan bahan yang digunakan pun harus menjadi pertimbangan yang tak boleh dikesampingkan.

Dengan kata lain, memilih Jenis bahan kaos distro untuk kebutuhan produksi memerlukan ketelitan ketika membelinya karena setiap toko kain memiliki kualitas yang berbeda beda.

Ketika kebutuhan bahan produksi sedikit maka sangat berpengaruh pada harga beli bahan tersebut. Seperti yang sudah dijelaskan di atas jika semakin banyak pesanan maka harga semakin murah dan semakin sedikit pesanan harga semakin mahal.

Itulah yang menjadikan harga kaos distro original local brand cenderung mahal. Ya meski merupakan suatu kekurangan, tapi dari sini kamu akan mendapat poin plus yang pastinya tak akan didapat dari brand dengan jumlah produksi besar-besaran.

Yaitu produk dengan bahan kain yang berkualitas dan limited yang tidak akan kamu jumpai di produk lain. Benar saja, untuk satu macam bahan biasanya tidak akan digunakan lebih dari sekali, sehingga produk yang dihasilkan benar-benar ekslusif.

4. Harga Kaos Juga Akan Tergantung Dengan Proses

proses kaos distro

Sebagian besar local brand masih sangat tergantung dengan vendor atau pihak ketiga pada proses produksi. Hal ini sebenarnya memberikan beberapa kelemahan, salah satunya ialah harga produksi yang melambung tinggi dan banyaknya pembekalan yang perlu diberikan pada pengrajin.

Banyaknya faktor yang mempengaruhi tingginya biaya produksi tentu akan berdampak langsung pada harga jual produk. Berbanding terbalik dengan brand yang sudah memiliki pengrajin sendiri tentu bisa meminimalisir biaya produksi, apa lagi jika kuantitas produk jumlahnya banyak.

Sayangnya faktor ini tidak selamanya disadari oleh konsumen, masih saja banyak konsumen yang menyamaratakan biaya produksi antara brand yang membuat produk dalam jumlah banyak dan sedikit.

Disinilah sebenarnya yang menjadi titik permasalahan para local brand, dimana mereka harus bisa meyakinkan segmented target dengan faktor tersebut sehingga mereka sadar jika harga juga akan tergantung dengan proses dan kembali lagi berpengaruh pada limited produk.

Perlu kamu tahu juga, jika proses produksi masal biasanya sangat mengesampingkan detailing. Dimana mainset atau pola pikir mereka ialah mampu menghasilkan produk banyak dengan harga murah dan terlihat bagus. Tapi apakah yakin jika produk benar-benar bagus jika detailing saja tidak diperhatikan dengan benar?

Pastinya bisa kamu tebak sendiri bagaimana hasil akhirnya. Beda halnya dengan kaos distro asli yang diproduksi dengan jumlah sedikit dan sangat mementingkan detailing, tentunya hasil akhirnya pun akan lebih sempurna.

Mulai dari proses sablon, cutting material, penjahitan hingga finishing yang dilakukan dengan sebaik mungkin dan quality control yang ketat. Jika sudah seperti ini, masihkah kamu akan mempermasalahkan harga baju distro original ?

5. Packaging Dengan Ciri Khas Setiap Brand Berbeda

Faktor lain yang juga sangat berpengaruh pada harga kaos distro original adalah packaging atau pengemasan produk tersebut. Yaps, dilihat dari kemasannya saja sebenarnya kamu sudah bisa membandingkan manakah kaos distro original dan kaos distro palsu alias KW.

Untuk jenis kemasan yang digunakan pada kaos distro local brand original sendiri sangat beragam, tergantung dari konsep kaos distro brand clothing lokal tersebut. Ada yang menggunakan paper bag, plastik dengan sablon dan banyak lainnya.

Penggunaan packaging dengan material terbaik dan cara packing yang lebih elegan pastinya memberikan nilai plus tersendiri serta menambah modal untuk produksi kaos tersebut. Dan sudah menjadi hukum alam jika semakin tinggi modal yang dikeluarkan pasti akan semakin tinggi pula harga jual produk tersebut.

Namun tak hanya untuk menambah kesan elegan, penggunaan packaging yang berkualitas dan bagus juga menjadi satu cara untuk memperlihatkan identitas brand tersebut. Sebab untuk setiap brand biasanya memiliki kemasan yang berbeda, baik dari bahan maupun bentuk kemasan.

6. Branding, Menjadi Salah Satu Faktor Penentu Harga 

Buat kalian yang belum perah terjun ke dunia clothing pasti gak akan tahu bagaimana susahnya membangun brand. Butuh begitu banyak perjuangan hingga membuat sebuah local brand dapat dikenal dan ini juga membutuhkan modal besar. Untuk itulah tak heran jika harga sebuah kaos distro branded cenderung lebih mahal.

Yang perlu ditekankan disini, untuk mendapat branding dan menjaga branding yang bagus harus dilakukan secara terus menerus dan dengan biaya yang cukup menguras rekening pemilik brand. Hal semacam ini tentunya tak bisa dilakukan oleh sembarang brand, mengingat untuk mendapat dan mempertahankan kepercayaan pelanggan terhadap sebuah brand memang cukup sulit

Sebagai contoh gampang saja, banyak brand-brand baru yang berusaha menaikkan brandnya dengan menjadi sponsor di berbagai acara. Cara ini merupakan langkah untuk mengenalkan brand secara lebih dekat dengan calon konsumen, sehingga mereka paham bagaimana kualitas yang diberikan brand tersebut.

Ini juga termasuk dalam brand awereness atau pengenalan brand pada konsumen, sehingga mampu meningkatkan daya ingat konsumen terkait logo brand, ciri khas brand dan identitas brand lain.

Setelah mendapat nama di hati pelanggannya, lantas tak ada lagi pengembangan yang harus dilakukan? Tentu saja tidak, setiap brand masih harus berusaha untuk menjaga agar brandnya terus eksis dan mampu berkembang bahkan mencapai target pasar yang leih luas.

Upaya endorsement juga harus kerap lakukan demi membangun branding yang kuat, seperti yang DITZ lakukan dengan mengendorse beberapa musisi lokal dan nasional.

Sedangkan bagi pengguna atau pelanggan sendiri sebenarnya juga akan mendapat nilai positif tersendiri saat mengenakan produk branded.

Diakui atau tidak, pasti kamu akan lebih percaya diri saat memakai kaos distro dibanding memakai kaos yang pasaran bukan?

7. Permintaan Pasar

Tingginya permintaan pasar terhadap kaos distro local brand original menjadikan kami sebagai clothing line memiliki kekuatan lebih untuk memberikan harga tinggi.

Tapi ini juga bukan satu-satunya alasan kenapa harga kaos distro ori mahal, mengingat beberapa faktor sebelumnya jauh lebih berpengaruh terhadap tingginya harga jual produk kami. Perlu kamu tahu, saat sebuah brand sudah banyak dikenal dan memiliki pencapaian penjualan yang tinggi, bukan perkara sulit untuk melipat gandakan harga jual produknya.

Cara semacam ini bahkan bukan hanya dilakukan pada kaos distro saja, tapi juga pada barang-barang branded lainnya. Latar belakang tingginya harga jual ini sebenarnya kembali lagi dari upaya untuk bisa sampai ke titik “tingginya permintaan pasar”.

Sebab untuk bisa sampai di titik ini butuh upaya dan juga modal besar. Hingga nantinya modal yang telah dikeluarkan akan masuk pada akumulasi biaya produksi. Inilah alasan mengapa setiap clothing line/brand yang sudah memiliki permintaan pasar besar umumnya menjual produk dengan harga tinggi.

8. Harga Kaos Distro Berpengaruh Terhadap Value Product 

Setiap orang yang rela mengeluarkan budget besar untuk satu produk pastinya memiliki pemikiran jika produk yang akan ia dapatkan dengan harga tersebut sesuai dengan ekpetasinya.

Dimana mereka sangat mengharapkan produk dengan kualitas baik karena telah mengeluarkan uang banyak. Nah ini juga menjadi sebuah faktor internal yang membat harga baju distro local brand original menjadi mahal.

Dimana product value atau ratio antara apa yang didapat konsumen dengan apa yang konsumen berikan seimbang. Dengan kata lain, kualitas dan manfaat produk yang didapatkan dari konsumen seimbang dengan budget yang ia keluarkan.

Untuk memberikan value yang seimbang dengan ekspetasi pelanggan, pastinya para local telah melakukan banyak upaya. Mulai dari peningkatan kualitas dari segi fisik produk (apa yang bisa kamu lihat dan rasakan seperti bahan dan jahitan) sampai value pada sector pelayanan untuk mendapatkan produk mereka.

Upaya ini juga untuk meyakinkan pelanggan, apabila kaos distro yang didapatkan ternyata “terhitung” lebih murah jika dibandingkan dengan kualitas yang didapat.

Sebab brand owner percaya jika pelanggan sudah merasa kecewa dengan product value yang ditawarkan, ini merupakan satu langkah kemunduran bisnis yang pastinya sangat kami hindari.

Lain halnya jika kamu membeli produk dengan harga murah tapi value product yang didapat mengecewakan, justru disini kamu seakan membuang uang untuk sesuatu yang sangat jauh dari ekspetasi bukan?

nah, Itulah 8 faktor atau hal yang menjadikan kaos distro local brand original cenderung lebih mahal dibanding produk kaos biasa. Bisa disimpulkan dari 8 poin di atas jika tingginya harga kaos distro dipengaruhi oleh sedikitnya jumlah produksi (limited edition), kualitas produk, value product dan juga branding.

Semakin bagus kualitas produk, mulai dari pemilihan bahan, penggunaan material atau kain, detail kaos, kualitas sablon hingga kualitas jahitan, maka akan semakin tinggi pula harga baju tersebut.

Kemudian dengan branding dan sedikitnya jumlah baju yang diproduksi juga sangat berpengaruh pada harga jual.

Bagaimana, sudah paham kenapa harga kaos distro original itu mahal? Perlu kamu ingat, meskipun budget yang perlu kamu keluarkan untuk mendapatkan satu pcs kaos distro local brand terbilang tinggi, tapi dijamin kamu nggak akan mendapatkan produk dengan kualitas mengecewakan. Jadi tak ada ruginya yaa. jika ingin membeli kaos distro murah 100% original kamu bisa mengunjungi halaman ditzbrand.co.id

Write Your Review

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CART