fbpx
11 Keuntungan Membeli Brand Fashion Lokal

Siapa yang tidak kenal dengan Brand Fashion Lokal ? Jenis pakaian buatan dalam negeri ini memiliki penggemar hampir di seluruh indonesia.

Gerakan cinta produk brand lokal memang telah lama digencarkan oleh Pemerintah, terutama Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perdagangan.

Tak hanya Pemerintah saja, sederet artis pun turut serta dengan menggunakan brand lokal Indonesia seperti Dian Satro, Andien, Daniel Mananta, dan masih banyak lagi. Berbagai event-event fashion juga ikut digelar untuk mempromosikan brand lokal Indonesia seperti JackCloth yang rutin setiap tahunnya.

Kampanye ini bertujuan agar generasi muda semakin aware untuk memilih brand fashion lokal Indonesia dibandingkan brand luar negeri. Nggak mau kan kalau produk lokal tidak menjadi raja di negeri sendiri? Apalagi kalau sampai diambil alih oleh produk luar gara-gara lesunya daya beli masyarakat terhadap produk lokal.

Gengsi memang jadi pertimbangan utama dalam membeli baju branded merk luar negeri. Ditambah lagi dengan akses dan cara pembayaran yang semakin mudah dengan menjamurnya toko online dan jasa titipan untuk membeli brand dari luar negeri. Tapi sebenarnya, produk brand fashion lokal Indonesia juga sepadan bahkan lebih baik.

Dengan meningkatnya konsumsi produk lokal Indonesia ini nggak hanya penjual saja yang diuntungkan, tapi kamu juga. Keuntungannya pun bukan soal kualitas saja. Sejumlah keuntungan lain dari segala sisi baik ekonomi, sosial, maupun budaya juga bisa dinikmati. Mau tahu lebih lanjut? Simak ulasan berikut ini!

1. Kualitas Produk Brand Fashion Lokal Tidak Diragukan 

Kualitas Produk Brand Fashion Lokal Tidak Diragukan

 

Desain brand fashion produk lokal bisa jadi sangat menentukan pilihan setiap orang saat membelinya. Namun kenyamanan selama memakai produk tidak hanya ditentukan oleh desainnya. Pemilihan bahan yang paling baik akan membuatmu merasa nyaman saat memakainya. Sehingga produk brand fashion lokal dibuat dari bahan pilihan yang kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Dengan bahan yang berkualitas kenyamananmu saat memakai brand fashion lokal pun terjamin.

Secara umum sebagian besar brand lokal indonesia menggunakan bahan berkualitas tinggi contoh saja untuk bahan kaos, Bahan kaos produk lokal menggunakan cotton combed. Cotton combed terbuat dari bahan katun murni. Sifat Bahan kaos yang satu ini memiliki serat kain yang dingin dan lembut, sehingga membuat produk lokal sangat cocok digunakan di negara-negara tropis seperti Indonesia. Saat dipakai, serat kaos tidak akan melukai kulit. Selain itu bahan cotton combed membuat kaos lebih nyaman dipakai dan terasa lebih adem.

2. Harga Produk Lokal Lebih Terjangkau

Harga Produk Lokal Lebih Terjangkau

Untuk mendapatkan brand fashion lokal Indonesia, tak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Bahkan tak sampai Rp 150ribu atau jika sedang ada diskon kamu bisa mendapatkan dengan harga dibawah Rp 100ribu. Dengan harga yang cukup murah tesebut kamu sudah bisa mendapatkan produk lokal dengan bahan yang berkualitas.

Harganya yang terjangkau membuat produk lokal ini bisa dinikmati siapa saja, bahkan pas di kantong anak sekolah atau mahasiswa yang masih belum bisa menghasilkan uang sendiri.

Meski kualitasnya sama, produk lokal ini harganya lebih murah daripada produk luar. Hal ini karena Brand luar negeri terkena pajak yang lumayan menambah harga. Karena sangat konsen untuk menaikkan belanja masyarakat terhadap produk lokal ini, Pemerintah bahkan menaikkan pajak barang impor hingga 10%.

Kalau impor pakaian lebih dari 10 potong, maka akan kena bea masuk yaitu sebesar 10 %. Itupun belum ditambah keuntungan bagi sang penjual. Bisa-bisa harganya meroket. Makanya, tak salah jika harga brand dari luar lebih mahal.

3. Desain Mengikuti Perkembangan Dunia

desain brand fashion lokal

Desain produk brand fashion di Indonesia tidak dibuat sembarangan kecuali dengan mengacu pada selera anak muda dan mengikuti perkembangan fashion. Hal ini menjadikan produk lokal memiliki desain yang juga sangat eksklusif. Sehingga tidak banyak yang mampu menyamai desainnya. Tidak hanya eksklusif, namun desain produk lokal juga dituntut untuk bisa update mengikuti perkembangan jaman.

Desain kaos brand fashion lokal dibuat selalu up to date menyesuaikan perkembangan trend fashion dunia dan apa yang sedang berkembang ditengah masyarakat termasuk berita-berita yang sedang ramai dibicarakan mulai dari musik, film bahkan menyasar hingga isu-isu perubahan iklim.

Seperti yang kita ketahui bahwa dunia fashion berkembang dengan sangat cepat, termasuk produk lokal bahkan tidak jarang apa yang sedang terjadi dibelahan dunia manapun dapat segera diketahui dari item fashion yang satu ini oleh karena itu kamu tidak perlu khawatir ketinggalan zaman. Desain produk lokal umumnya dibuat seunik mungkin sehingga dapat menarik minat konsumen. Desain keren dari setiap produk brand fashion lokal dibuat memang untuk menampilkan identitas pemakainya.

Salah satu alasan yang membuat produk brand fashion lokal di Indonesia begitu digemari adalah karena motif gambar yang keren pada sablon kaosnyaDesain gambar yang diusung biasanya unik, original, trendy dan up to date, desain inilah yang umumnya disukai oleh sebagian besar anak muda yang tidak lain merupakan target utama dari industri clothing lokal.

4. Produk Brand Fashion Lokal Dibuat Terbatas

Beberapa merek brand fashion lokal biasanya di produksi secara terbatas , Desainnya pun dibuat khusus dan tidak diproduksi massal. Satu desain hanya untuk beberapa potong dan satu kali produksi. Jadi, produk yang telah dibuat tidak akan dicetak ulang. Produk yang terbatas ini bersifat eksklusif, tidak pasaran sehingga menimbulkan kebanggaan bagi pemakainya.

Tak seperti kaos impor, kaos brand fashion lokal Indonesia tak diproduksi secara masal. Seperti produk kami DITZ yang hanya diproduksi sebanyak 12 potong. Orang-orang pun banyak memilih produk brand fashion lokal indonesia karena eksklusivitas yang ditawarkan.

Daripada beli produk impor dengan harga mahal dan desain sama dengan yang dipakai orang-orang di berbagai belahan dunia, mending beli kaos lokal yang lebih murah dan limited edition. Siapa sih yang nggak ingin tampil beda?

5. Menggambarkan identitas diri 

pakaian menggambarkan identitas diri

Keuntungan mengonsumsi produk lokal Indonesia yang satu ini tentu sangat berguna bagi kamu baik dalam pemikiran, hobi, gaya hidup, aliran musik, dan lain sebagainya inilah yang menjadi alasan brand fashion lokal  tercipta. Identitas diri kamu pun bisa tercermin dari produk yang digunakan.

Brand fashion lokal memang diawali untuk menyampaikan identitas diri anak muda Indonesia. Dalam sejarahnya, adanya krisis moneter menyebabkan anak muda tak dapat mengonsumsi produk impor sehingga memilih untuk menciptakan sendiri kaos distro keren versi mereka.

kaos distro produk lokal ini merepresentasikan identitas diri mereka dan komunitasnya, bukan sebagai komersil. Baru kemudian berkembang tahun 1998 hingga menjadi seperti sekarang ini dengan konsep distribution and clothing.

6. Menjaga identitas budaya Indonesia

brand fashion lokal dengan budaya indonesia

sumber : theshonet

Mengonsumsi brand fashion lokal Indonesia sama saja dengan menjaga identitas budaya. Budaya Indonesia ini memang bisa dilihat dari aneka produk fashion. Yang sangat kental dengan Indonesia adalah batik, tenun, ulos, lurik, dan songket. Melemahnya permintaan konsumen atas kain-kain ini tentu akan menyebabkan pudarnya identitas budaya bangsa.

Bayangkan ketika tak ada lagi yang membeli kain tersebut, kain nusantara dengan nilai histori yang tinggi ini tentu lama-lama punah dan bisa diakui oleh negara lain. Tak mau kan bahan-bahan kain tersebut jadi milik bangsa lain seperti ketika Reog Ponorogo yang diklaim milik Malaysia?

Cerminan budaya Indonesia itu dapat terlihat juga dari produk fashin brand lokal. Budaya Indonesia tampak dari desain yang diaplikasikan ke dalam produk. Seperti Damn! I Love Indonesia yang selalu menggunakan Lambang-lambang nasionalis sebagai desain desain produk mereka seperti burung garuda, bendera merah-putih, wayang, bahkan batik.

Pahlawan Indonesia pun kerap diabadikan. Begitu juga tempat wisata, tokoh-tokoh film, band, dan lain sebagainya yang menjadi bagian dalam budaya Indonesia. Belum lagi komik strip dan quotes nasionalis yang termasuk dalam kaos produk mereka. Ada juga Dreambirds dengan konsep batik “Parang” yang dituangkan ke dalam produk kaos dan hoodie mereka. Makanya, dengan kamu membeli produk lokal dalam negeri, kamu juga turut menjaga dan melestarikan budaya bangsa.

Baca juga : 8 Merk Kaos Brand Lokal Terbaik Milik Youtuber Indonesia

7. Meningkatkan Pendapatan Negara

Dilansir dari Beritagar.id, total sebanyak 15.959.590 tenaga kerja Indonesia bekerja pada sektor ekonomi kreatif yakni 13,9 persen tenaga kerja di industri ini. Pada tahun 2015, nilai ekspor dari industri ini sendiri bernilai hingga US$19.364,1 juta atau setara dengan 286 triliyun. Jumlah yang fantastis, kan?

Maka dari itu, jika ingin membantu meningkatkan pendapatan negara, beli saja produk brand fashion lokal. Ini karena dengan semakin meningkatnya pembelian suatu produk fashion lokal itu maka brand tersebut akan tergerak untuk melakukan ekspor ke luar negeri.

Dengan adanya ekspor akan meningkatkan pendapatan negara. Uang yang didapat dari hasil ekspor itu bermata uang dollar, dollar ini jika ditukarkan ke dalam rupiah akan menambah devisa negara.

Selama ini produk fashion lokal yang terkenal telah melakukan ekspansi ke mancanegara adalah batik. Tapi ternyata tercatat ada berbagai merk produk lokal yang telah go international. Seperti Caladi Lima Sembilan atau lebih dikenal dengan C59 yang berasal dari Bandung. Ada juga Crooz yang telah populer di sejumlah negara seperti Singapura, Filipina dan Jepang.

8. Meningkatkan Kualitas produk Dalam Negeri

Dengan membeli brand fashion buatan negeri sendiri tentu kamu berkontribusi dalam meningkatkan kualitas produk yang kamu beli. Dalam dunia bisnis, sang penjual harus melakukan improvement dalam hal kualitas untuk mempertahankan atau bahkan meningkatkan penjualan.

Terlebih lagi di dunia yang persaingannya semakin ketat, penjual pasti ingin produk produksinya dapat disejajarkan dengan brand-brand ternama dari luar negeri.

Apalagi dengan semakin banyaknya orang yang setia dengan produk miliknya. Meski harga naik, kalau kualitas juga ikut naik maka pembeli akan tetap setia. Tingkat kepuasan konsumen pun akan semakin meningkat.

Seperti yang DITZ  lakukan selalu berusaha meningkatan kualitas dalam koleksi produk kami demi para konsumen. Baik dalam hal kualitas bahan maupun desain. Jadi tunggu apalagi, untuk membuat industri kaos distro original brand lokal Indonesia semakin berkembang, ya dengan membelinya.

9. Peluang dan lapangan kerja semakin luas

brand fashion lokal menciptakan Peluang dan lapangan kerja semakin luas

Untuk menghasilkan produk brand lokal, banyak orang yang terlibat di dalamnya. Semua orang yang ada di dalamnya itu juga masyarakat Indonesia. Mulai dari pengusaha lokal yang menjual kain untuk dijadikan kaos. Kain ini pun juga harus dibuat dalam bentuk kaos, sehingga membutuhkan penjahit.

Kemudian untuk desain yang diaplikasikan, memanfaatkan jasa freelancer desain grafis lokal . Desain itu pun harus disablon, jadi juga memerlukan jasa sablon. Dengan begini, baru produk bisa terbentuk.

Tak berhenti di situ, produk lokal ini tentu harus dipasarkan sehingga harus dilengkapi dengan desain logo, label, hang tag dan packaging. Untuk label, tentu harus memanfaatkan jasa pembuatan label baju. Label ini merupakan identitas kaos yang membuatnya tampak branded.

Ada yang hanya dipasang label woven saja yang isinya logo dan size, ada juga label satin untuk instruksi pencucian, serta website brand. Selain itu, ada yang dilengkapi dengan label sablon yang melekat di leher baju yang mencantumkan ukuran kaos, logo, material yang dipakai, dan panduan mencuci.

Sedangkan pembuatan hang tag, juga memerlukan jasa pembuatan hang tag. Hang tag ini mengandung harga kaos, barcode, logo brand, ukuran produk, informasi media sosial dan website, slogan, instruksi pencucian, serta sejarah perusahaan. Dan yang tak kalah penting adalah soal packaging.

Pepatah bilang don’t judge a book by its cover tapi kenyataannya sebelum membeli kamu pasti melihat dari covernya terlebih dahulu, yaitu packaging. Untuk membuat packaging yang menarik pembeli, tentu memakai perusahaan desain yang bergerak di bidang packaging.

Rantai lapangan pekerjaan yang diciptakan karena produksi brand fashion lokal ini tentu nggak berhenti di situ. Langkah terakhirnya adalah distribusi. Jika dipasarkan secara offline, maka butuh distribution store dan karyawan yang menjaga toko itu. Sedangkan bila dipasarkan secara online, brand fashion lokal memerlukan jasa pembuatan website dan karyawan yang siap memantau pesanan dan mengirimkan paket.

Kebayang kan bagaimana bisnis brand fashion lokal Indonesia ini dapat menciptakan banyak lapangan pekerjaan?

10. Menyejahterakan masyarakat

Berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS), tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Indonesia per Februari 2018 jumlahnya ada 6,87 juta jiwa atau 5,13 persen. Pernah terpikir nggak kalau beli produk lokal bisa menurunkan angka pengangguran tersebut?

Dalam sebuah brand fashion lokal ada banyak orang yang turut andil di dalamnya. Dengan kamu membeli produk lokal original ini maka tenaga mereka dapat terpakai. Tentunya ini akan memberikan banyak lapangan pekerjaan yang secara otomatis akan menurunkan jumlah pengangguran.

Kalau semakin banyak orang yang tergerak hatinya untuk lebih memilih brand lokal Indonesia, maka hidup masyarakat pun semakin sejahtera. Logikanya, ketika penjualan produk lokal ini meningkat, gaji/upah yang didapat dari setiap orang yang terlibat akan mengalami peningkatan pula.

11. Mendukung pertumbuhan ekonomi nasional

Pertumbuhan ekonomi nasional bisa dilihat dari meningkatnya Produk Domestik Bruto (PDB). Dilansir dari BeritaSatu, akhir tahun lalu sumbangan ekonomi kreatif terhadap PDB mencapai 1000 triliyun. Setiap tahun pun mengalami peningkatan yaitu sebesar 5%. Kontribusi ekonomi kreatif terhadap PDB negara pun meningkat. Dari yang semula dari 7,38% pada tahun 2016, menjadi 7,44% pada tahun 2017.

Industri Distro dan Clothing ini masuk dalam bidang fashion yang ada di sektor ekonomi kreatif. Bidang fashion ini bersama dengan kuliner dan kerajinan ada di top list yang paling mempengaruhi sektor ekonomi kreatif ini. Itu berarti dengan membeli brand fashion lokal original dalam negeri, kamu berkontribusi pada negara yaitu meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional, lho.

Itulah tadi keuntungan membeli produk brand fashion lokal buatan anak negeri. Ternyata, suatu hal yang terlihat sederhana ini dapat mempengaruhi negara. Berkontribusi terhadap negara pun bisa dimulai dari hal-hal kecil seperti menggunakan brand lokal Indonesia. Bagaimana? Apakah kamu masih ingin memakai brand lokal atau produk luar?

Dengan demikian kamu dapat tetap terlihat keren tanpa harus menguras kantong terlalu dalam. Itulah berbagai fakta tentang brand fashion lokal Indonesia sekarang kamu tentu sudah paham mengapa outfit yang satu ini begitu digemari. Jika kamu tertarik untuk membeli brand fashion lokal kamu bisa membelinya di DITZ

Write Your Review

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CART