fbpx
14 Tips Merawat Kaos Hitam Agar Tidak Cepat Pudar

kamu penggemar kaos hitam ? Warna kaos gelap diyakini dapat membuat bentuk tubuh kita terlihat lebih ramping sehingga kaos warna hitam diminati banyak orang dan cocok untuk dikenakan oleh siapapun.

Hampir sama dengan kaos berwarna putih dan kaos merah, kaos warna hitam juga perlu perawatan tertentu agar warna kaos tidak cepat luntur dan kusam.

Bahkan bila kamu membeli dari toko grosir kaos atau distro ternama sekalipun, jika perawatannya tidak dilakukan dengan cara yang tepat, maka kualitas kaos juga tidak akan tahan lama.

Sebagian besar kaos hitam yang luntur atau memudar diakibatkan karena cara pencuciannya yang kurang benar.

Lantas, bagaimana cara mencuci kaos berwarna hitam yang tepat agar warnanya tidak luntur?

Ada beberapa cara yang perlu kamu cermati dalam mencuci kaos warna hitam, untuk itu mari kita simak informasi berikut ini sampai selesai!

1. Pisahkan Kaos Berdasarkan warna 

Sebisa mungkin, kamu perlu memisahkan pakaian atau kaos berdasarkan warna. Hindari mencampur cucian antara pakaian berwarna terang dengan pakaian berwarna gelap.

Kaos bewarna hitam cenderung luntur saat dicuci, ketika tidak ada warna terang yang menyerapnya, maka warna akan terserap kembali pada serat kaos warna hitam.

kaos hitam juga memiliki bobot yang ringan dan serat yang lebih halus, untuk mencegah lunturnya warna kaos kamu juga dapat memisahkan pakaian yang hendak dicuci berdasarkan beratnya.

2. Jangan Kelamaan Saat Mencuci Kaos 

Proses mencuci yang terlalu lama dapat membuat warna pakaian cepat luntur. Bila kamu tidak ingin mengalaminya, jangan kelamaan saat mencuci pakaian tersebut.

Hal ini juga berlaku pada kaos distro warna hitam. Semakin cepat proses mencuci kaos semakin awet pula warna kaos yang kamu miliki. Lakukan cara mencuci yang halus dan singkat pada kaos.

Jangan merendam kaos terlalu lama, 30 menit saja sudah cukup. Deterjen bisa menyebabkan sablon kaos bisa cepat rusak dan terkelupas bila direndam terlalu lama.

Hindari pula menyikat kaos karena dapat merusak tekstur kain, karena kebanyakan kaos berbahan katun yang halus dan lembut. Memeras dan mengucek terlalu kuat juga dapat merusak kain.

3. Pakai Deterjen Khusus untuk Pakaian Warna Gelap

Untuk pakaian berwarna gelap, sekarang ini sudah banyak tersedia deterjen khusus yang dapat kamu gunakan untuk membuat warna pakaian tidak cepat luntur dan tahan lama.

Deterjen khusus untuk pakaian berwarna gelap dapat membantu warna pakaian tidak cepat pudar saat dicuci. Deterjen ini diformulasikan khusus untuk menetralisir klorin dari air keran sehingga ketika dicuci, warna kaos hitam kamu tidak akan mudah luntur.

Hindari memakai deterjen yang mengandung pemutih karena dapat terjadi reaksi kimia yang dapat mengakibatkan warna kaos cepat luntur dan sablon cepat mengelupas. Selain itu, deterjen yang mengandung pemutih juga dapat menyebabkan kaos cepat tipis dan kasar.

Penggunaan deterjen cair juga cukup baik dalam merawat warna pada kaos distro. Sedangkan jenis deterjen bubuk cenderung larut lebih lama sehingga akan menghambat bila kamu ingin melakukan proses mencuci yang lebih singkat.

4. Jemur Kaos dengan Cara Dibalik

Sentuhan langsung dengan air dan deterjen, serta gesekan pada permukaan kain dapat mengikis warna pada kaos distro. Efeknya, warna kaos akan cepat luntur pada sisi yang menghadap ke luar ketika kamu mencucinya.

Hal ini bisa diakali dengan kamu membalik posisi bagian dalam kaos sehingga yang terkena deterjen dan gesekan adalah bagian dalam dari kaos.

5. Cuci Kaos dengan Air Dingin

Mencuci kaos distro warna hitam dengan air dingin dapat membuat warna kaos lebih tahan lama. Oleh sebab itu, hindari mencuci kaos dengan air hangat, hal ini berlaku pula untuk semua jenis pakaian branded.

Air hangat dapat memecah serat sehingga akan mengakibatkan warna pada bahan kaos cepat luntur. Ketika mencuci, gunakanlah air dingin yang memiliki suhu antara 15,6 sampai 26,7 derajat celsius.

Jangan lebih atau kurang dari suhu tersebut karena suhu air yang terlampau dingin juga dapat menghambat larutnya deterjen ke dalam cucian.

6. Hindari Menjemur Kaos Pada Sinar Matahari Langsung

Saat mengeringkan pakaian berwarna gelap lainnya, hindari menjemurnya di bawah sinar matahari langsung. Sinar matahari dapat berperan sebagai pemutih alami yang dapat membuat kaos distro warna hitam kamu menjadi cepat pudar.

Apabila menggunakan pengering pada mesin cuci, terapkan pada suhu yang terendah agar warna kaos distro tidak luntur.

Suhu panas merupakan musuh bagi pakaian berwarna gelap. Kalau tidak percaya, buktikan saja pada kaos berwarna hitam. Tidak sampai hitungan bulan, maka warna gelap pada kaos tersebut akan luntur dengan cepat.

Trik lain dalam proses pengeringan, bisa dilakukan dengan cara terbalik. Jemur kaos hitammu dengan membalik bagian dalam kaos, sehingga bagian luar tetap terlindungi.

7. Hindari Mencuci Kaos Hitam Terlalu Sering

Terlalu sering mencuci pakaian berwarna gelap maka semakin cepat pula warna dari pakaian tersebut memudar dan ukuran kaos menjadi mengecil.

Sekeras apapun usaha kamu untuk membuat warna kaos tetap awet, akan percuma bila terlalu sering mencucinya. Oleh sebab itu, hindari mencuci kaos terlalu sering. Cucilah hanya bila kamu perlu mencucinya.

Sebisa mungkin, cucilah kaos secara manual. Mencuci kaos secara alami akan lebih baik dalam menjaga tekstur kain dan sablon kaos agar tidak cepat rusak.

Rusaknya kaos disebabkan karena tarikan pada kaos saat mesin cuci berputar, dan juga ada gesekan-gesekan di sekitarnya.

8. Manfaatkan Bahan Tambahan Saat Mencuci Kaos

Trik tambahan ini mungkin hanya sedikit orang tahu, tapi sudah banyak yang coba dan membuktikan keampuhannya dalam menjaga kualitas warna pada pakaian.

Tips tambahan yang bisa kamu lakukan untuk menjaga warna pada kaos hitam saat mencucinya, antara lain dengan menambahkan sedikit cuka ke dalam mesin cuci saat membilas kaos distro warna hitam.

Cuka tidak hanya berguna untuk menjaga warna pada pakaian, tapi juga menghaluskan serat, dan mengangkat sisa deterjen yang masih menempel.

Cara lainnya adalah dengan memasukkan 1/2 cangkir garam ke dalam mesin cuci. Garam dapat mencegah warna pakaian dari kelunturan dan mengangkat sisa deterjen yang masih menempel pada kaos.

Atau bisa juga dengan menambahkan 2 sdt lada hitam ke dalam mesin cuci. Cara ini juga efektif dalam menjaga kualitas warna pada kaos distro saat kamu mencucinya.

9. Segera Bersihkan Bila Terkena Noda

Jika kaos terkena noda, segera bersihkan dengan air pada bagian yang kena noda. Gunakan shampoo atau deterjen bila noda sulit dibersihkan. Bersihkan dengan air sampai noda menghilang.

10. Jangan Menggantung Kaos dengan Hanger

Poin yang selanjutnya tidak terlalu berkaitan dengan warna kaos, tapi juga sangat penting diperhatikan untuk menjaga kualitas dan daya tahan kaos kamu.

Hindari menjemur atau menyimpan kaos distro dengan menggantungnya menggunakan hanger karena dapat mengakibatkan struktur kain melar di bagian leher. Tekstur kain pada kaos yang halus dapat rusak akibat penggunaan hanger atau kawat jemuran.

11. Hindari Menyetrika pada Bagian Sablon

Saat menyetrika, pastikan kalau kaos sudah benar-benar kering. Atur suhu setrikaan pada tingkat medium sehingga kaos bisa tetap awet dan hindari menyetrika bagian sablon kaos. jika ingin menstrika kaos sebaiknya gunakan strika uap atau membalik bagian kaos ( bagian dalam diluar bagian luar di dalam )

12. Jangan Kenakan Saat Tidur

Bahannya yang halus dan adem mungkin akan membuat tidur kamu lebih nyaman dengan menggunakan kaos. Namun, ada baiknya hindari mengenakan kaos saat tidur bila ingin tetap awet.

Kaos distro yang sering dikenakan saat tidur akan membuat tekstur kainnya melar, khususnya di bagian leher. Selain itu, ketika kita tidur dan berkeringat maka dapat membuat warna kaos cepat rusak. Sayang bukan bila kaos distro favorit kamu jadi rusak hanya karena sering dipakai tidur?

13. Kenakan Seperlunya

Kaos yang terlalu sering dipakai akan sering terkena sinar matahari, sering pula terkena debu dan kotoran. Semakin sering kamu memakai kaos distro, semakin sering pula kamu harus mencucinya. Oleh karena itu, pakailah seperlunya saja bila ingin kaos tetap awet.

14. Simpan Kaos Distro di Tempat yang Aman

Cara penyimpanan kaos distro original juga perlu diperhatikan bila ingin membuatnya tetap awet. Simpan di tempat yang kering, kondisi yang lembab dapat menyebabkan tumbuhnya jamur pada kaos kesayangan kamu.

Nah, itulah sejumlah tips yang bisa kamu terapkan agar kaos distro hitam kesayangan kamu tidak cepat rusak, serta kualitas dan warnanya tidak cepat memudar. Jangan lupa Share artikel ini untuk menebarkan kebaikan untuk orang lain.

Write Your Review

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CART

X